Universitas Trisakti promosikan profesi disainer lewat pameran

Universitas Trisakti promosikan profesi disainer lewat pameran

Wakil Dekan I FSRD Universitas Trisakti, Awang ENR mengatakan pihaknya menggelar sejumlah mock up, poster, dan foto karya para mahasiswa dari program studi disain produk dan fotografi pada Fakultas Seni Rupa dan Disain (FSRD) Universitas Trisakti di Ruangan 'Backspace' lantai satu Lippo Mall Puri di kawasan Kedoya, Jakarta Barat. (Istimewa)

Oleh Hanni Sofia

Jakarta, (ANTARA News) - Universitas Trisakti mempromosikan profesi yang diperkirakan prospektif di masa depan yakni desainer produk dan fotografer melalui pameran tugas akhir mahasiswa.

Wakil Dekan I FSRD Universitas Trisakti, Awang ENR di Jakarta, Senin, mengatakan pihaknya menggelar sejumlah mock up, poster, dan foto karya para mahasiswa dari program studi disain produk dan fotografi pada Fakultas Seni Rupa dan Disain (FSRD) Universitas Trisakti di 
Ruangan 'Backspace' lantai satu Lippo Mall Puri di kawasan Kedoya, Jakarta Barat.

"Pameran ini bertujuan memperkenalkan profesi disainer produk dan fotografer dari karya sarjana strata satu atau S1 yang selama ini belum dikenal luas oleh publik," kata Awang.

Karya-karya tersebut merupakan tugas akhir bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan karyanya sekitar lima bulan sebelum dipamerkan kepada publik dalam pameran bertajuk 'Last.Ly' selama 18 hari. Pameran tersebut akan berlangsung hingga 18 September 2018 dan telah dibuka sejak Sabtu (1/9).

Pameran FSRD Universitas Trisakti diikuti oleh para mahasiswa semester akhir yang menampilkan lima mock up dan poster dari program studi disain produk.  Sebanyak 16 karya foto ditampilkan oleh para mahasiswa dari program studi fotografi.

"Pameran bertujuan memotivasi para mahasiswa agar berani menampilkan karya mereka di depan publik, sehingga dapat memicu semangat mereka untuk menghasilkan karya terbaik dan lebih percaya diri dalam berkarya," kata Wakil Dekan I FSRD.

Selain pameran, FSRD Universitas Trisakti mengadakan sesi talkshow, yang dilakukan oleh mahasiswa program studi fotografi mempresentasikan karya foto mereka di depan pelajar SMA, mahasiswa, dan masyarakat. Sementara program studi disain produk menggelar acara yang sama melalui kegiatan designer talk.

Ruhama Afifa Ruhmana, mahasiswi seni rupa dan disain Universitas Trisakti, misalnya menampilkan karya dengan tema tempat wudhu untuk lanjut usia alias lansia. Karya berbentuk mock up yang ditampilkan mahasiswi program studi disain produksi ini mengedepankan fungsi tempat wudhu untuk lansia yang terkendala keterbatasan fisik tanpa mengabaikan fungsi disain produk.

Tugas akhir Ruhama berjudul 'Alat Berwudhu untuk Lansia' mengembangkan produk disain tersebut dari sudut pandang lansia agar lebih mudah melaksanakan ibadah shalat.

"Indonesia adalah negara mayoritas Muslim tapi masih minim perhatian pada produk yang mengembangkan disain sarana berwudhu, maka saya mengambil tema Islam untuk menyelesaikan tugas akhir saya," katanya.

Ia mengatakan, sebelum membuat mock up disain harus merancang dan membuat grafis sebelum mendisain mock up dari akrilik, sementara material asli adalah dari marmer. "Saya rancang sejak Maret dan rampung Agustus atau sekitar lima bulan."

Sementara Erlina Novianti sebagai Ketua Program Studi Fotografi mengharapkan kegiatan pameran dapat mendukung para mahasiswanya mempertanggungjawabkan tugas akhir secara ilmiah di hadapan para penguji saat sidang skripsi.

"Pameran dua mahasiswa fotografi yakni Rian dan Septian diharapkan dapat menjadi spirit mahasiswa memperkenalkan profesi fotografi kepada publik," kata Erlina.

Veronica, Marcomm Lippo Mall Puri Indah mendukung kegiatan pameran tersebut untuk memperkenalkan kepada publik tentang 'profesi masa depan' dari disain dan fotografi sebagai bagian dari ekonomi kreatif.
 
Pewarta : Hanni Sofia
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2018