Penghargaan Oscar untuk film populer batal diberikan pada 2019

Penghargaan Oscar untuk film populer batal diberikan pada 2019

Seorang pria berpose dengan patung Oscar di tangannya dalam pameran "Meet The Oscars" di Grand Central Station, New York, Rabu (23/2). Anugrah Academy Award ke 83 dijadwalkan akan mengambil tempat di Los Angeles pada 27 Februari mendatang. (FOTO ANTARA/REUTERS/Brendan Mc)

Jakarta (ANTARA News) - Penyelenggara Piala Oscar, Academy, mengumumkan kategori penghargaan baru untuk film-film populer tak akan diikutsertakan pada gelaran Oscar 2019 karena masih butuh studi lebih lanjut.

Adanya kategori baru untuk "pencapaian luar biasa di film populer" diumumkan awal tahun ini. Banyak yang mengkritik soal ini, termasuk fans, para aktor dan aktris serta tokoh-tokoh di industri film, banyak yang mengatakan itu adalah keputusan "elitis".

Dalam sebuah pernyataan pers yang dilansir NME pada Kamis (6/9), Academy mengonfirmasi tak akan mengenalkan kategori ini di gelaran Oscar yang akan datang.

"Ada berbagai macam reaksi terhadap pengenalam sebuah penghargaan baru, dan kami paham akan perlunya diskusi lebih jauh dengan para anggota kami," kata CEO Academy, Dawn Hudson.

"Kami sudah melakukan perubahan-perubahan pada Oscars selama beberapa tahun ini-termasuk tahun ini-dan akan terus berubah sambil tetap menghormati warisan luar biasa 90 tahun ini."

Academy juga mencatat bahwa mengenalkan kategori baru sembilan bulan sebelum gelaran Oscars akan menimbulkan "tantangan bagi film-film yang sudah rilis."

Perubahan lain pada Oscars akan terus dilanjutkan sesuai rencana termasuk memendekkan jam tayang jadi tiga jam dan menamplkan "enam hingga delapan kategori" saat jeda iklan. Klip yang diedit dari kategori-kategori itu akan ditayangkan kemudian.

Academy Awards ke 91 akan digelar 24 Februari. Nominasinya akan diumumkan 22 Januari.

Salah satu film yang digadang-gadang akan sukses menyabet Oscar adalah "A Star Is Born" yang dibintangi Bradley Cooper dan Lady Gaga.

Baca juga: Kategori baru Oscar, penghargaan untuk film-film populer
Pewarta : Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018