Ternate, Maluku Utara (ANTARA News) - Panglima Komando Daerah Militer XVI/Pattimura, Mayor Jenderal TNI Suko Pranoto, meletakkan batu pertama pembangunan Pos Koramil Pulau Obi, di Maluku Utara.

Pranoto dalam siaran pers yang diterima di Ternate, Selasa, menyatakan, wilayah operasi Kodam XVI/Pattimura adalah Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara yang sangat luas dan didominasi laut, yang bisa dibilang berposisi unik karena "melintang" dari perairan utara ke prairan selatan Indonesia, Sebelum ada pemekaran wilayah, seluruh wilayah itu adalah Provinsi Maluku.

Laiknya kesatuan lain militer Indonesia, di Kodam XVI/Pattimura juga menghadapi keterbatasan jumlah satuan dan personel. Bahkan ada Koramil yang memiliki luas tanggung jawab hingga sembilan kecamatan dengan jumlah personel yang sangat terbatas.

"Untuk menutupi celah tersebut, kami membangun Pos Koramil yang akan dibentuk, termasuk hari ini di Pulau Obi," ujarnya.

Dia bilang, mereka tengah mengusulkan ada penambahan satuan setingkat Kodim di setiap kabupaten, seperti halnya yang saat ini sudah siap diresmikan, yaitu Kodim Sanan dan dalam waktu dekat Kodim Morotai dan Kodim Halmahera Tengah.

Berbeda dengan Kepolisian Indonesia yang memiliki polres di tiap kabupaten dan kota, maka organisasi satuan teritorial TNI AD tidak selalu demikian.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018