Jakarta (ANTARA News) - Induk BUMN Rusia di bidang kedirgantaraan-militer dan sipil, Rostec, siap menyediakan lini produk dan teknologi penanggulangan bencana, mengingat Indonesia ada di Cincin Api yang sangat rawan bencana alam. Lini produksi yang dimaksud mulai dari kendaraan segala medan dan lain-lain. 

Sebagai induk (holding) BUMN di bidang bidang kedirgantaraan dan produk setara, Rostec menjadi induk bagi hampir 700 perusahaan besar dan kecil di Rusia, juga yang bergiat di sektor pertahanan-militer ataupun sipil. Pola holding alias induk BUMN sejenis ini merupakan mekanisme yang ditempuh pemerintah Rusia untuk membuat mereka mampu menjawab keperluan dunia. 

Dalam hal kesiapan mereka menawarkan berbagai produk guna menanggulangi bencana, mereka memiliki lini produk yang sangat beraneka, mulai dari obat-obatan dan sarana penyimpanannya di lokasi ekstim, perlengkapan medis berteknologi tinggi, peralatan diagnostik dan terapi teknologi terkini, wahana udara tanpa awak untuk memantau dari udara, hingga kendaraan segala medan. 

“Mencoba menjawab keperluan Indonesia yang semakin meningkat tentang ini, produk-produk sipil kami dapat menjadi pemecahan. Rostec siap mengorganisasikan pengiriman ke berbagai wilayah secepat mungkin,” kata Direktur Kerja Sama Internasional dan Departemen Kebijakan Publik Rostec, Viktor Kladov, dalam korespondensinya, yang diterima di Jakarta, Selasa. 

“Kami juga siap untuk membicarakan berbagai bentuk kerja sama yang nyaman bagi mitra kami, termasuk pembayaran dalam mata uang negara itu,” katanya. 

Selain itu, penerapan teknologi kota cerdas dari sisi piranti lunak dan piranti keras, juga mereka tawarkan. Hal ini mencakup pemakaian analisis video untuk secepat mungkin mengidentifikasi dan berurusan dengan insiden-insiden yang membahayakan publik. 

Solusi ini bisa dipergunakan untuk mengidentifikasi dan memperkirakan potensi ancaman, apakah secara alamiah, buatan manusia, biososial, ataupun karakter ekologisnya. 

Baru-baru ini Rostec menjalin kerja sama dengan Indonesia. Juli lalu, mereka mengirimkan inkubator bayi, iradiator, dan unit penghangat bayi yang dibuat Shvabe —menginduk ke Rostec— ke Indonesia. Inilah produk dan sistem yang mereka kirim dalam hal penanganan bayi-bayi dengan resiko kesehatan. 

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018