Yogyakarta (ANTARA News) - Kongres Wanita Indonesia (Kowani) fokus  menyiapkan dan membantu perempuan muda menjadi pemimpin dan pengambil keputusan di berbagai sektor pembangunan.

"Kowani telah menggelar berbagai pelatihan kepemimpinan untuk perempuan muda agar mereka dapat menjadi pemimpin yang kuat dan berkarakter, baik di ranah publik dan sektor swasta," kata Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo di depan 159 delegasi dari 49 negara peserta Sidang Umum ke-35  Dewan Perempuan Internasional (Internasiontal Council of Women/ICW)  di Yogyakarta, Sabtu.

Ia mengatakan,, pendidikan menjadi fokus utama bagi organisasi perempuan tertua dan terbesar di Indonesia itu untuk menjadikan banyak perempuan muda sebagai peimpin di masa depan.

"Pendidikan telah menjadi perhatian utama KowaniI sejak organisasi ini berdiri dan menyelenggarakan kongres pertamanya pada Desember 1928," terang Giwo yang baru saja terpilih sebagai Wakil Presiden ICW untuk periode tiga tahun ke depan.

Ia menjelaskan, pendidikan dan pelatihan yang diberikan ke para perempuan saat ini akan lebih banyak menekankan pada pentingnya peran "Ibu Bangsa" sebagai penentu kemajuan bangsa.

Dalam kesempatan itu, Giwo menegaskan Ibu Bangsa merupakan potret ideal perempuan Indonesia.

"Ibu Bangsa sebagaimana telah diterangkan Presiden Joko Widodo kemarin merupakan potret panutan yang harus diteladani perempuan sebagai salah satu agen perubahan," tambahnya.

Dalam sambutan pembukaan Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional 1.000 Organisasi Perempuan Indonesia di Pendopo Balkondes, Yogyakarta, Jumat, Presiden Joko Widodo menyampaikan, Ibu Bangsa adalah perempuan-perempuan yang mengabdikan dirinya untuk mendidik dan memperbaiki mentalitas generasi penerus.

"Ibu Bangsa juga menjaga moral keluarga, melindungi alam sekitarnya untuk anak dan cucu, serta ikut menggerakkan ekonomi masyarakat," kata Jokowi.

Sesi penyampaian laporan dan pemilihan direksi ICW, Sabtu, merupakan bagian dari acara Sidang Umum ke-35 ICW.di Yogyakarta, 13-18 September.

Pascapemilihan direksi ICW untuk periode tiga tahun ke depan, sebanyak 159 delegasi dari 49 negara akan mengikuti tur keliling Kota Pelajar  dan menikmati santap malam di Keraton Yogyakarta.

Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional 1.000 Organisasi Perempuan Indonesia diadakan oleh Kowani bekerja sama dengan Kementerian BUMN, dan didukung penuh oleh 35 perusahaan plat merah seperti BNI, Telkom Indonesia, Garuda Indonesia, dan Perum LKBN Antara.

Baca juga: Ketum Kowani terpilih sebagai wapres ICW
Baca juga: Negara anggota ICW laporkan isu perempuan global




(T. KR-GNT/

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2018