Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan edukasi teknologi, Quipper menghadirkan program pendidikan terbaru bernama Quipper Super Teachers. Program ini dirancang dengan tujuan mengajak peserta didik untuk bisa lebih berpikir kritis, kreatif dan inovatif dengan metode belajar yang lebih menarik dan informatif.

"Saat ini fokus kami merancang konten bagi generasi Z yang menitikberatkan pada critical thinking, konten aplikatif yang implementasinya dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari," ujar Head of Content Quipper Indonesia, Pipit Indrawati di Jakarta, Senin.

Para Super Teachers ini akan mengajar via Quipper Video (fitur audio visual dari Quipper) dengan menggunakan gaya bahasa yang santai dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Selain itu, akan ditampilkan juga video animasi yang memudahkan peserta didik menerima konten pelajaran.

Konten pelajaran yang dibuat oleh tim dari Quipper telah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku saat ini, yakni kurikulum tahun 2013 revisi.

Quipper Super Teacher terdiri atas empat orang guru profesional dan dua orang tokoh inspiratif. Dari kalangan guru, nama-nama yang terpilih adalah Cecep Saiful Mukti, Fiktor Piawai, Pratita Atinirmala dan Anshar Tyassih. Mereka rata-rata telah lebih dari 3 tahun mengabdi sebagai guru.

Sementara dua tokoh inspiratif berasal dari kalangan artis, yaitu penyanyi Vidi Aldiano dan pemain sinetron Febby Rastanty. Keduanya terpilih karena dinilai memiliki prestasi yang baik tidak hanya di dunia keartisan, tetapi juga di bidang pendidikan. 

"Jadi faktor-faktor untuk menjadi Quipper Super Teachers itu pertama harus berprestasi, kedua mempunyai passion dan ketiga memiliki niat mengembangkan pendidikan di Indonesia. Itulah yang membuat 6 orang ini terpilih jadi Quipper Super Teacher," terang Pipit.

Baca juga: Cara Quipper Indonesia memotivasi siswa belajar online

Vidi yang ditemui dalam kesempatan yang sama mengatakan sangat bangga bisa menjadi bagian dari Quipper Super Teacher. Pria yang telah meraih gelar Magisternya di University of Manchester ini akan mengajar mata pelajaran Biologi.

"Aku dari SMP memang suka Biologi. Aku pernah juga ikut olimpiade Biologi dulu," tuturnya.

Vidi mengaku tidak begitu kesulitan untuk menjadi seorang Super Teachers. Kemampuannya yang mumpuni saat berbicara di depan kamera, serta ilmu pengetahuannya yang cukup untuk materi mata pelajaran Biologi membuatnya sangat menikmati "profesi" barunya ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Febby. Dara 22 tahun yang baru menyelesaikan pendidikan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini mengatakan dirinya memang memiliki passion yang besar di dunia pendidikan.

"Aku tetap concern pada pendidikan walaupun aku sudah banyak kegiatan di luar sekolah, tapi aku tetap ikut pendidikan formal. Aku tahu pendidikan itu fondasi bangsa. Kalau pendidikan maju, bangsanya juga akan maju," beber Febby.

 Quipper video menyasar para peserta didik baik SMP dan SMA yang tengah mempersiapkan diri menghadapi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi).

Quipper Video menyediakan lebih dari 7.000 video pembelajaran dan lebih dari 50 ribu soal latihan dan pembahasan yang tersedia baik untuk pelajaran regular, persiapan Ujian Nasional dan SBMPTN.

Quipper Video bisa diakses melalui website  video.quipper.com atau aplikasi Quipper yang telah tersedia di Google Play.

Baca juga: Vidi Aldiano lanjutkan pendidikan S2

Baca juga: Cerita Vidi Aldiano soal pendidikan di Indonesia (video)

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018