Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Sosial RI menyiapkan 2.000 hingga 3.000 tiket gratis setiap hari bagi warga penyandang disabilitas yang ingin menyaksikan pertandingan Asian Para Games 2018 yang berlangsung 6 sampai 13 Oktober di Jakarta.

"Kami mobilisasi 2.000 sampai 3.000 tiket gratis per hari untuk para penyandang disabilitas mendukung saudara-saudara kita yang berlaga di Asian Para Games," kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Rabu.

"Kita akan bekerja sama dengan balai dan komunitas disabilitas untuk distibusi tiket," kata Mensos di sela sosialisasi Asian Para Games 2018.

Selain menyediakan tiket gratis, Kementerian Sosial menyiapkan sarana transportasi dan makan siang bagi penyandang disabilitas yang menyaksikan ajang pertandingan olahraga para penyandang disabilitas itu.

Menteri Sosial mengatakan pemerintah memobilisasi para penyandang disabilitas di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang untuk menikmati pertandingan dan menyemangati para atlet yang berkompetisi.
 
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan mobil akses penyandang disabilitas untuk Asian Para Games 2018 di Jakarta, Rabu (19/9/2018). (ANTARA/Desi Purnamawati)


Dalam penyelenggaraan Asian Para Games 2018, Kementerian Sosial bertugas memberikan pelatihan kepada koordinator volunter Asian Para Games, dan memfasilitasi penyediaan transportasi yang memenuhi persyaratan aksesibilitas untuk peserta Asian Para Games.

Kementerian juga menyosialisasikan penyelenggaraan kompetisi olahraga itu kepada penyandang disabilitas di panti sosial dan lembaga kesejahteraan sosial, memantau dan mengevaluasi fasilitas yang digunakan selama penyelenggaraan Asian Para Games 2018, serta membantu mengkoordinasikan Games Legacy Asian Para Games 2018.

Baca juga:
INAPGOC: harga tiket pembukaan mulai Rp500.000 hingga Rp2,5 Juta
INAPGOC libatkan 400 relawan difabel dalam APG

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018