Magetan (ANTARA News) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengingatkan Bupati Magetan Suprawoto agar sering berkomunikasi dengan pimpinan dan anggota DPRD setempat guna menjaga hubungan baik antardua lembaga eksekutif dan legislatif.

"Pak Prawoto sering-sering datang dan minum kopi bersama pimpinan dan anggota dewan. Komunikasi itu penting, karena kita ini mengurus orang, bukan orang-orangan," kata Soekarwo dalam sambutannya saat serah terima jabatan bupati Magetan di ruang rapat DPRD Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Rabu.

DPRD Kabupaten Magetan menggelar acara serah terima jabatan Bupati Magetan masa jabatan 2018-2023 dari Penjabat (Pj) Bupati Gatot Gunarso kepada Suprawoto. Sekaligus rapat paripurna istimewa DPRD dalam rangka mendengarkan pidato penyampaikan visi dan misi Bupati Magetan yang sebelumnya dilantik Gubernur Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (24/9).

Dia menyebutkan, Suprawoto adalah ahli komunikasi. Namun Soekarwo mengingatkan, bahwa di dalam komunikasi yang harus dilakukan dengan DPRD itu caranya berbeda dengan teori di dalam buku.

"Saya tahu Pak Prawoto ini ahli komunikasi. Tetapi komunikasi yang ini (dengan DPRD) itu berbeda dengan yang ada di dalam buku," ungkapnya.

Ia kemudian memberikan contoh. Misalnya bupati mengundang pimpinan DPRD ke pendapa kabupaten untuk minum kopi, dan sebaliknya Suprawoto sesekali berkunjung ke gedung DPRD.

"Harus selalu berkomunikasi, Pak. Misalnya diundang ke pendapa untuk minum kopi. Kalau Pak Prawoto sedang nganggur, dolan ke sini, ngobrol dengan dewan," ujarnya.

Cara berkomunikasi seperti itu, menurut Soekarwo perlu dilakukan Bupati Suprawoto yang bersama wakilnya, Nanik Endang Rusminiarti baru tiga hari dilantik.

"Berkomunikasi dengan cara seperti itu penting sekali. Karena sentuhan (manusiawi) itu tidak bisa digantikan dengan teknologi," ucap Soekarwo.

Di bagian lain, ia berharap pasangan Bupati Suprawoto dengan Wakil Bupati Nanik Endang Rusminiarti bisa memenuhi harapan rakyat dipimpin di Kabupaten Magetan.

"Saya punya harapan besar, duet ini (Suprawoto-Nanik Endang Rusminiarti) betul-betul duet yang menjadi harapan masyarakat Magetan. Meskipun sudah dipilih, datangi mereka yang sudah memilih itu," katanya berharap.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018