Jakarta (ANTARA News) - Penyerang sekaligus kapten Feyenoord, Robin van Persie, mencetak satu gol dan menerima kartu merah saat mengantarkan timnya memenangi pertandingan pekan ketujuh Liga Belanda dengan mengalahkan Vitesse Arnhem 2-1 di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda, Minggu.

Van Persie hanya satu dari tiga pemain yang diganjar kartu merah oleh wasit Serdar Gozuyubuk dalam pertandingan tersebut, dua lagi diberikan kepada penggawa Vitesse yakni Thomas Bruns dan Danilho Doekhi, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Belanda.

Kendati demikian, gol yang dicetak Van Persie empat menit sebelum diganjar kartu merah sukses memastikan kemenangan Feyenoord atas Vitesse.

Kemenangan itu mengembalikan tim besutan Giovanni van Bronckhorst ke posisi ketiga klasemen dengan raihan 16 poin, setelah sempat direbut oleh Heracles Almelo (16) selama kurang lebih dua jam. Sedangkan Vitesse (9) tertahan di urutan ketujuh.

Baca juga: Kalahkan Emmen, Heracles naik ke peringkat ketiga

Baca juga: Dolberg cetak gol perdana musim ini, Ajax bungkam Fortuna

Vitesse sempat unggul lebih dulu atas tuan rumah pada menit 31 ketika Matias Bero menyambut bola muntah hasil tandukannya sendiri yang membentur mistar gawang dengan sambaran keras.

Feyenoord seolah baru terbangun dari tidur ketika memasuki babak kedua dalam keadaan tertinggal satu gol.

Dua menit memasuki babak kedua, tuan rumah akhirnya mencetak gol untuk menyamakan kedudukan lewat tandukan Eric Botteghin menyambut umpan silang Steven Berghuis dalam situasi sepak pojok.

Berghuis sempat menyarangkan bola ke gawang Vitesse pada menit 53 dan sempat melakukan selebrasi, sebelum kemudian wasit menganulirnya setelah berkonsultasi dengan asisten video wasit (VAR) dengan keputusan Berghuis terlanjur berada dalam posisi offside ketika menerima umpan dari Van Persie.

Feyenoord memperoleh keuntungan ketika wasit mengeluarkan kartu merah untuk Bruns yang dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Jordy Clasie di area sayap kanan pada menit 62.

Akan tetapi keuntungan jumlah pemain tak kunjung membuahkan hasil, peluang demi peluang Feyenoord masih bisa diselamatkan kiper Eduardo.

Pada menit 87, akhirnya Van Persie mencetak gol kemenangan Feyenoord lewat eksekusi tendangan bebas yang mengujam ke sudut kiri atas gawang, setelah Berhuis dilanggar.

Akan tetapi empat menit kemudian Van Persie diganjar kartu merah karena mengganjal pemain pengganti Max Clark, namun setelah itu jelang laga usai gilian Doekhi yang menerima kartu merah usai melanggar Yassin Ayoub.

Baca juga: PSV terus melaju, bekuk NAC Breda di pekan ketujuh

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Belanda, PSV kian mantap memimpin


Susunan pemain seturut laman resmi Liga Belanda:

Feyenoord (4-3-3): Kenneth Vermeer; Jeremiah St. Juste, Eric Botteghin, Jan-Arie van der Heijden, Tyrell Malacia; Jordy Clasie (Yassin Ayoub), Robin van Persie, Tonny Vilhena; Steven Berghuis, Dylan Vente (Nicolai Jorgensen), Jens Toornstra (Sam Larsson)
Pelatih: Giovanni van Brocnkhorst

Vitesse Arnhem (4-3-3): Eduardo; Vyacheslav Karavaev, Danilho Doekhi, Jake Clarke-Salter, Alexander Buettner; Thulani Serero, Thomas Bruns, Navarone Foor; Roy Beerens (Oussama Darfalou), Tim Matavz (Max Clark), Matus Bero
Pelatih: Leonid Slutsky

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018