Badan jalan yang berada di perbatasan kabupaten itu amblas diketahui karena derasnya air banjir luapan sungai
Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Jalan menghubungkan Kuala Baru Aceh Singkil menuju Bulohseuma, Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh amblas setelah diterjang banjir dalam sehari terakhir.

"Badan jalan yang berada di perbatasan kabupaten itu amblas diketahui karena derasnya air banjir luapan sungai pada Senin (1/10) sekitar pukul 22.00 WIB," kata Sekcam Camat Kuala Baru, Tantawi, dihubungi di Singkil, Selasa.

Dia mengatakan di lokasi itu, sebelumnya dihubungkan box culvert untuk melewati anak sungai kecil, namun ketika curah hujan tinggi mengguyur Aceh Singkil mengakibatkan debit air meningkat sehingga terjadi luapan hingga ke darat.

Menurut dia, akibat derasnya terjangan air banjir menghempas box dan badan jalan hingga kondisi jalan tersebut telah amblas mencapai 25 meter, warga yang nekat melintasi harus mendorong kendaraan roda dua melewati sungai kecil.

Baca juga: BPBD: Tiga kecamatan Singkil dilanda banjir

Dia berkata, rusaknya badan jalan ini mengakibatkan kebutuhan bahan pokok yang disuplai melalui jalan darat ini menjadi terhenti, begitu pun aktifitas kendaraan darat dari Aceh Singkil tujuan Aceh Selatan, lumpuh total.

Sementara ini alternatif transportasi dari Kecamatan Kuala Baru melalui Banda Sampik salah satu anak Sungai Singkil menuju Kecamatan Singkil dan menuju Aceh Selatan melintasi Pemko Subulussalam yang jarak tempuhnya sangat jauh.

Menurut Tantawi, pihak kecamatan sudah melaporkan kondisi tersebut kepada Bupati Aceh Singkil, berharap akan ada alokasi dana untuk pembangunan badan jalan dan jembatan dari Pemerintah Provinsi Aceh.

"Kami sangat berharap ada bantuan untuk pembangunan jalan dan jembatan ini, terutama dari Pemerintah Provinsi Aceh, mengingat sentralnya keberadaan jembatan yang menghubungkan dua kabupaten tersebut," imbuhnya.

Selain di Kabupaten Aceh Singkil, banjir juga telah mengepung Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Barat Daya (Abdya), Nagan Raya hingga Aceh Barat, banjir ini sudah mulai melumpuhkan aktivitas masyarakat di barat selatan Aceh.

Baca juga: Ruas jalan di Aceh selatan tertimbun longsor

Pewarta: Anwar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018