dengan pertunjukan ini diharapkan Krinok Jambi semakin dikenal dan terjaga kelestariannya
Jambi (ANTARA News) - Peserta Perkemahan Pramuka Santri Nasional (PPSN) V/2018 di Provinsi Jambi siap memecahkah rekor MURI melalui Bahana Rythme Melayu Krinok dengan pengiring terbanyak.

"Dipilihnya seni vokal Melayu Krinok dalam pemecahan rekor itu adalah sebagai upaya meperkenalkan dan melestarikan budaya tersebut," kata Kepala Sub Bagian Informasi dan Humas Kanto Kementerian Agama Wilayah Provinsi Jambi M Thoif di Jambi, Rabu.

Penampilan vokal Melayu Krinok itu akan dilakukan saat upacara pembukaan PPSN di Bumi Perkemahan Abdurahman Sayuti Sungai Gelam Kabupaten Muarojambi Provinsi Jambi, Kamis (25/10).

"Dengan pertunjukan ini diharapkan Krinok Jambi semakin dikenal dan terjaga kelestariannya," katanya.

Sedikitnya ada 3.000 peserta, 200 sangga kerja, 375 tapak kemah, 100 panitia penyelenggara, 200 panitia pelaksana, 156 juri dan 13 instruktur yang akan hadir pada PPSN.

Semua yang terlibat tersebut akan ikut serta dalam pemecahan rekor Muri, yakni penampilan Bahana Rythme Melayu Krinok dengan pengiring terbanyak, saat acara pembukaan.

Krinok merupakan salah satu seni vokal tradisi yang dimiliki masyarakat Melayu di Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Muarabungo.

Sementara itu, peserta yang berasal dari 34 provinsi bersama tamu undangan yang berjumlah sekitar 5.000 orang akan menampilkan seni vokal musikalitas tradisi melayu pantun sahut-menyahut yang dipadukan dengan musik kelintang kayu pohon Ngkring Beluka yang berisikan mantra dan doa.

PPSN selain sebagai wadah silaturrahim dan lomba kepramukaan, juga akan mengadakan kegiatan lainnya yang bisa menggalang persaudaraan, menambah pengalaman, pengetahuan, keterampilan dan meningkatkan rasa pengabdian yang tinggi terhadap masyarakat.

Baca juga: Kemenag kirim pramuka santri keliling ASEAN

Tercatat sedikitnya akan digelar 319 kegiatan rotasi, baik indoor maupun outdoor. PPSN juga menggelar kegiatan mental spiritual seperti istighotsah, shalat berjamaah, kultum, qiyamullail, khatmul quran, simaan dan ijazah kitab kuning barzanji.

Berdatangan

Kontingen Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) ke-V 2018 dari berbagai provinsi di Indoensia mulai berdatangan ke Jambi dan disambut pejabat Kemenag provinsi serta kabupaten/kota di Jambi sebagai tuan rumah.

Berdasarkan jadwal kedatangan dari Kemenag Provinsi Jambi, Rabu, tiba kontingen PPSN dari Provinsi Lampung yang disambut Kepala Kantor Kemenag Kota Sungaipenuh, H Pahrizal dan tim Liaisin Officer (LO) Sungaipenuh di Pal 10 Kota Jambi karena kontingen Lampung menggunakan jalur darat.

Baca juga: Pramuka santri perlu terus diberdayakan

Kantor Kemenag Kota Sungaipenuh dalam hal ini mendapat tanggung jawab sebagai LO untuk dua provinsi yaitu Papua dan Lampung.

Untuk kontingen Provinsi Papua sehari sebelumnya terlebih dahulu sampai di Bandara Sultan Thaha Jambi. Kontingen Papua itu juga telah sampai di bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti-Musa, Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi menggunakan bus yang disediakan Kanwil Kemenag Provinsi Jambi.

Sebelumnya Kepala Kantor Kemenag Sarolangun, H.M Syatar menyambut kontingen dari tiga provinsi di Bandara Sultan Thaha Jambi yakni Provinsi Banten, Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kepulauan Riau.

Kontingen lainnya juga berdatangan hingga Rabu malam.

Baca juga: Jambi bersedia jadi tuan rumah perkemahan santri

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018