"Mono" RM BTS debut di Billboard 200

RM BTS (Instagram.com/bts.bighitofficial)

Jakarta (ANTARA News) - "Mono", proyek solo RM, leader boy group Bangtan Sonyeondan (BTS) memulai debutnya di tangga album Billboard 200 pada posisi ke-26, merupakan posisi tertinggi untuk solois K-pop. 

Capaian ini mengejutkan untuk karya musisi tanpa album fisik, menurut Kantor Berita Yonhap, Selasa (30/10). 

Rekor sebelumnya dipegang personel BTS lainnya, J-Hope melalui mixtape "Hope World," yang menduduki posisi ke-38 pada bulan Maret lalu. 
 
Album "Mono" yang tersedia secara gratis itu memuncaki daftar album iTunes dari 88 wilayah, termasuk Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Inggris, Rusia, Jepang dan Vietnam, setelah peluncurannya.

Ini adalah mixtape kedua RM setelah "Rap Monster" yang dia hadirkan pada Maret 2015. Menurut Nielsen Music, album terbaru RM ini terjual 21.000 unit. 

Ada tujuh lagu dalam koleksi kali ini, antara lain "Tokyo", "Seoul", yang disusun dan diproduksi bersama musisi asal Inggris, Honne.
 
Lagu lainnya, "Moonchild", "Badbye" yang menampilkan artis Korea eAeon, "Uhgood" dan "Alloes," bersama band indie rock Korea, Nell.

Lagu terakhir, "Forever Rain" ( lagu utama), yang paling mencerminkan RM sebagai leader BTS sekaligus pemuda biasa. Lagu ini bernuansa sedih dan melankolis. 
 
Pewarta : Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018