Jakarta (ANTARA News) - Kepala Laboratorium DNA Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Kepolisian Indonesia, Komisaris Besar Polisi Putut Widodo, mengatakan, hasil pemeriksaan DNA penumpang Lion Air nomor penerbangan JT 610 kemungkinan akan keluar pada Minggu.

"Kemungkinan akan keluar hari Minggu, karena perhitungannya empat hari (proses di) laboratorium," ujar Putut di Jakarta, Jumat.

Waktu pemeriksaan DNA jenazah penumpang Lion Air nomor penerbangan JT 610 dihitung berdasarkan perhitungan laboratorium. 

Konbes Putut menyebutkan, jika jenazah tiba pada Senin, maka pada Selasa jenazah akan diperiksa di ruang Identifikasi Korban Bencana Kepolisian Indonesia.

Sedangkan waktu yang digunakan untuk pemeriksaa DNA hingga keluar hasilnya membutuhkan waktu paling cepat empat hari laboratorium. 

"Jadi, kalau hari ini saya terima sampel seperti kantong jenazah terakhir, yang itu belum sampai ke laboratorium," ujar dia.

Kombes Putut menambahkan, setelah pemeriksaan oleh tim itu selesai, barulah pemeriksaan DNA bisa dilaksanakan oleh timnya.

Sebelumnya, Tim DVI telah mengidentifikasi seorang wanita yang menjadi korban pesawat jatuh Lion Air bernama Jannatun Cintya Dewi (24) asal Sidoarjo Jawa Timur.

Para ahli mengidentifikasi Jannatun berdasarkan pencocokkan sidik jari tangan dengan ijazah yang diperkuat data DNA.

Pesawat terbang Boeing B-737-8 MAX Lion Air nomor penerbangan JT 610 yang terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, menuju Bandar Udara Depati Amir, Pangkal Pinang, Kepulauan Riau, dilaporkan telah hilang kontak pada 29 Oktober 2018 pada sekitar pukul 06.33 WIB.

Pesawat terbang nomor registrasi PK LQP dengan 189 orang di dalamnya itu dilaporkan terakhir tertangkap radar pada koordinat 05 derajad 46,15 Lintang Selatan-107 derajad 07,16 Bujur Timur.

Pesawat terbang ini berangkat pada pukul 06.10 WIB dan jika sesuai jadwal akan tiba di Pangkal Pinang pada pukul 07.10 WIB.

Pilot pesawat terbang sempat meminta kembali ke bandara keberangkatan sebelum akhirnya hilang dari radar.

Badan SAR Nasional kemudian memastikan pesawat terbang Lion Air JT 610 jatuh di perairan Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

Pewarta: Devi Ramadhan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018