Sukabumi (ANTARA News) - Bupati Sukabumi Marwan Hamami meminta pemerintah pusat melalui Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise memperpanjang moratorium pengiriman TKI ke luar negeri.

"Moratorium ini seharusnya diperpanjang khususnya untuk tenaga kerja wanita (TKW) agar perempuan tidak lagi bekerja di luar negeri tetapi bisa memberdayakan diri di Sukabumi, karena daerah ini punya potensi," katanya saat mendampingi Menteri PPPA Yohana Yembise di Sukabumi, Rabu.

Menurutnya, moratorium ini sangat penting bagi Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, untuk menekan jumlah TKW yang berangkat ke berbagai negara mencari nafkah di negara tempat bekerjanya.

Ia mengatakan, saat ini jumlah warga Kabupaten Sukabumi yang menjadi buruh migran berkurang dratis setelah pemerintah pusat menetapkan moratorium pengiriman TKI.

"Karena itu, kami sangat berharap moratorium itu terus diperpanjang," katanya.

Untuk solusinya, Pemkab Sukabumi sudah menyiapkan pemberdayaan wanita seperti di objek wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Bahkan hingga kini sudah 30 persen objek wisata mulai dikelola oleh perempuan seperti mengelola home stay untuk wisatawan dan menyediakan cenderamata serta kuliner khas.


Baca juga: DPR: lanjutkan moratorium pengiriman TKI ke Arab

Baca juga: Menaker tegaskan moratorium pengiriman TKI tetap berlaku

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018