Presiden hadiri acara penyerahan Strategi Kebudayaan

Presiden hadiri acara penyerahan Strategi Kebudayaan

Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara Penyerahan Strategi Kebudayaan Kepada Presiden Republik Indonesia Dalam Rangka Kongres Kebudayaan Indonesia Tahun 2018 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta pada Minggu (9/12/2018). (Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menghadiri acara penyerahan Strategi Kebudayaan sebagai rangkaian acara Kongres Kebudayaan Indonesia Tahun 2018.

Presiden tiba di Panggung Kubah Bambu, Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Pusat pada Minggu pukul 17.10 WIB.

Dalam acara itu, Presiden mengenakan pakaian batik lengan panjang berwarna cokelat.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang mengenakan pakaian adat daerah berwarna ungu menyambut ketibaan Presiden Jokowi di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut keterangan dalam laman www.kongres.kebudayaan.id, Strategi Kebudayaan adalah kumpulan dari pokok-pokok pikiran dari seluruh daerah di Indonesia dalam Sidang Pleno Kongres Kebudayaan Indonesia 2018.

Strategi itu berupaya memperkuat dan memoles hasil kerja seluruh insan kebudayaan di Indonesia yang dilakukan sejak Maret 2018.

Prosesi penyerahan kepada Presiden merupakan bentuk penerjemahan dari esensi Strategi Kebudayaan, yang merupakan sebuah amanah untuk masa depan kebudayaan Indonesia.

Penyerahan Strategi Kebudayaan menjadi acara penutup dari rangkaian Kongres Kebudayaan Indonesia Tahun 2018 yang telah dimulai sejak Rabu (5/12).

Sejumlah acara yang dilaksanakan dalam kongres itu antara lain pameran objek pemajuan kebudayaan, lokakarya seni dan buku, pidato kebudayaan, pertunjukan seni musik dari beberapa daerah di Indonesia, pemutaran film hingga pentas wayang kulit, pawai budaya, sidang pleno, dan ditutup dengan Penyerahan Strategi Kebudayaan.

Tidak ketinggalan pemutaran film Indonesia, serta bazar kuliner laut dan demo memasak juga ditampilkan dalam rangkaian Kongres Kebudayaan Indonesia Tahun 2018.

Hadir pula 30 seniman dari berbagai daerah turut dalam kongres ini. Para seniman menghadirkan mural dengan ragam tema yang diambil dari 10 objek kebudayaan. 

Baca juga: Pawai Budaya KKI tunjukkan keberagaman Indonesia
Baca juga: Mendikbud: KKI berikan banyak wawasan baru
Pewarta : Bayu Prasetyo
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2018