Anggaran tersebut untuk menyewa 202 unit mobil operasional selama 20 bulan untuk menunjang kinerja komisioner Bawaslu kabupaten/kota
Semarang (ANTARA News) - Badan Pengawas Pemilu  (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah menganggarkan dana sebesar Rp21 miliar untuk menyewa mobil operasional bagi seluruh komisioner Bawaslu di 35 kabupaten/kota.

"Anggaran tersebut untuk menyewa 202 unit mobil operasional selama 20 bulan untuk menunjang kinerja komisioner Bawaslu kabupaten/kota," kata Ketua Bawaslu Jateng Fajar Subhi di Semarang, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Fajar saat prosesi penyerahan mobil yang disewa jajaran Bawaslu Jateng di salah satu dealer di Kota Semarang.

Ia secara tegas menginstruksikan komisioner Bawaslu di seluruh kabupaten/kota se-Jateng agar mempergunakan mobil operasional dengan penuh tanggung jawab dan tidak memanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

"Meskipun bernomor polisi hitam, ini tetap mobil dinas dan saya sudah tegaskan agar teman-teman pengawas tidak menggunakannya untuk kepentingan pribadi," ujarnya.

Fajar menyebutkan pihaknya telah menempelkan stiker bertuliskan "Bawaslu Jateng" di bagian samping belakang kanan dan kiri mobil sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi penyalahgunaan mobil operasional oleh jajarannya.

"Dengan demikian kami mengajak masyarakat, kalau melihat mobil dengan stiker itu dan digunakan untuk kepentingan pribadi silakan lapor ke kami agar bisa ditindaklanjuti," katanya.

Sementara itu, Division Head Nasmoco Rental Wisnu Wibowo mengatakan, anggaran Rp 21 miliar yang dikeluarkan Bawaslu Jateng itu tidak hanya untuk menyewa mobil berjenis Avanza saja, melainkan juga untuk biaya perawatan seperti servis rutin dan ganti oli.

"Ini kan mobil baru, tentu harus dilakukan servis rutin secara berkala, itu yang kami gratiskan, termasuk ganti olinya, bahkan kalau ada kerusakan seperti akibat kecelakaan, juga kami yang tanggung," ujarnya.

Baca juga: Bawaslu Jateng ajak kalangan perempuan awasi pemilu

Baca juga: Bawaslu: Mobil pribadi berstiker caleg tidak melanggar

Baca juga: Bawaslu Jateng ajak masyarakat perangi hoaks

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018