Jakarta  (ANTARA News) - Tim putri Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung mempertahankan gelar Liga Mahasiswa (LIMA) Futsal National setelah dalam final putri mengalahkan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 2-1 di Jakarta, Minggu malam, pada ajang tahun ini.

Siaran pers humas LIMA yang diterima, Minggu malam, dalam pertarungan final itu, UPI mendapat perlawanan sengit dari UNJ. Sang juara bertahan terbilang tak bisa mendominasi duel di GOR Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi ini.

Namun, UPI masih mampu mengedepankan kualitas individu-individu selain kerja sama tim mereka yang padu. Tertahan di paruh pertama babak pertama, favorit dari Kota Kembang ini akhirnya membuka perolehan skor di menit ke-14.

Kapten UPI, Siti Latipah Nurul Inayah mencetak gol dengan membelokkan arah tembakan keras dari luar lingkaran pertahanan lawan yang dilepaskan rekannya, Frida Fauziah Arimbi . Kiper UNJ, Riska Julianti, terkecoh dan gagal menahan bola.

Laga berlangsung berimbang lagi. Kedudukan 1-0 buat UPI bertahan sampai turun minum antarbabak.

Pertahanan menjadi salah satu keunggulan besar UPI. UNJ besutan Nur Fitranto masih berkesulitan? menembus pertahanan UPI itu.

Di tengah tekanan lawan, juara bertahan yang ditangani Iwa Sulaeman itu bisa menggandakan keunggulan. Di menit ke-33, Fitriana Rihman gagal menyelesaikan sodoran? apik Iis Sri Rahayu walau sudah di depan gawang. Fitriana tak mengulangi kesalahan beberapa saat kemudian di menit yang sama saat melanjutkan operan sepak pojok Frida.

Pada menit ke-36, kapten mereka, Mei Rina Bella , mencetak gol apik. Dengan sontekan tumit, ia mencetak gol melanjutkan operan kick-in Sulastri Sinaga.?

Akan tetapi, UPI mampu menjaga ketenangan di sisa pertandingan menarik ini. Skor akhir 2-1. UPI pun mempertahankan gelar kembali. UNJ telah memberikan perlawanan keras, tapi saat ini UPI masih sulit dikalahkan.?

UNY rebut posisi tiga

Sementara itu pada pertandingan perebutan posisi ketiga, Putri Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengalahkan Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru.

Pertandingan di GOR STTD, Bekasi, ini berjalan seimbang di babak pertama. Namun, UNY bisa mengedepankan kelebihan mereka dalam penyelesaian di bagian akhir paruh pertama. Pada menit ke-17, tembakan kaki kiri Rema Sydane Syam dari sayap kiri hanya membentur tiang gawang lawan. Beberapa detik kemudian, Sydane tak menyia-nyiakan peluang setelah menerima assist Naura Qatrunnada.

Kedudukan 1-0 mewarnai akhir babak pertama.

Putri UIR, juara LIMA Futsal Sumatra Conference, mencoba bangkit di babak kedua, tapi bisa ditangkal pertahanan kuat UNY. Sebaliknya, UNY kembali memperlihatkan ketajaman menjelang medio babak kedua.

Kapten UNY, Imania Aufa, menggandakan keunggulan tim besutan Sigit Dwi Andrianto itu di menit ke-28. Bola tembakannya dari luar lingkaran pertahanan UIR, meneruskan kick-in Sydane, bersarang di pojok kiri gawang UIR.?

Semenit kemudian, tembakan Krisnawati gagal ditahan secara sempurna oleh kiper UIR. Bola bergulir masuk untuk kedudukan 3-0.?

UIR yang dilatih Ricky Fernando bisa memperkecil ketertinggalan di menit ke-34. Anggea Titania bisa melambungkan bola melewati kiper UNY setelah mengejar sodoran Ine.?

Akan tetapi, UIR tak bisa menambah gol lagi sampai akhir laga. Putri UNY bisa pulang ke Yogyakarta dengan trofi peringkat ketiga.

Baca juga: Pontianak tuan rumah Liga Mahasiswa Futsal

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2018