Jakarta (ANTARA News) -  Gelaran Miss Universe tahun ini diwarnai dengan aksi perundungan yang dilakukan Miss Amerika Serikat (AS) Sarah Rose Summers terhadap Miss Kamboja Rern Sinat dan Miss Vietnam H'Hen Nie karena Bahasa Inggrisnya yang tidak cakap.

Meski demikian, akhirnya Miss AS meminta maaf pada Kamis (13/12) lewat akun Instagramnya.

Baca juga: Sonia Fergina lolos 20 besar Miss Universe 2018

Summers yang berkompetisi pada Miss Universe muncul di Instagram live milik Miss Colombia Valeria Morales bersama Miss Australia Francesca Hung.

Dia mengejek kalau Miss Vietnam H'Hen Nie pura-pura paham bahasa inggris dan hanya mengangguk dan tersenyum saat diajak bicara. Summers juga mengatakan dia kasihan pada Miss Kamboja Rern Sinat yang tak bisa bahasa Inggris dan tak ada yang mengajaknya bicara karena tak seorang pun paham bahasa Kamboja.

Bersamaan dengan pernyataan minta maafnya, Summers mengunggah foto dirinya, Miss Colombia dan Miss Australia memeluk Miss Kamboja dan Miss Vietnam.

Dia mengatakan kontes ini "memberi kesempatan bagi para wanita dari seluruh dunia untuk belajar budaya, pengalaman hidup dan pandangan masing-masing. Dalam kesempatan di mana saya ingin mengagumi keberanian saudari-saudari saya, saya mengatakan sesuatu yang kini saya sadar bisa dianggap tak hormat dan saya minta maaf," tulisnya.

Baca juga: Lima fakta tentang Miss Universe 2018 Catriona Gray

"Hidupku, persahabatanku, dan karirku membuatku jadi wanita yang penuh kasih dan empati. Aku tidak akan pernah bermaksud menyakiti orang lain. Saya bersyukur atas kesempatan untuk berbicara dengan Nat, Miss Kamboja, dan H'Hen, Miss Vietnam, langsung tentang pengalaman ini. Ini adalah momen yang paling penting bagiku."

Permintaan maaf tampaknya telah diterima karena Nie dan Sinat berbagi foto di akun Instagram masing-masing.

Insiden itu dimulai ketika akun Instagram populer Diet Prada bereaksi dan berbagi pesan dengan 986.000 pengikutnya yang menyamakan Miss USA dengan karakter Mean Girls, Regina George.

Unggahan Diet Prada berbunyi: "Regina George, apakah itu Anda? Ini pada dasarnya seperti reality show yang paling dramatis, tetapi terkondensasi menjadi 1 menit lol. @sarahrosesummers mudah-mudahan akan membuktikan bahwa ketidaktahuan tidak akan memenangkan Anda jadi @missuniverse ... apa pun artinya itu sekarang ini"

"Ini pada dasarnya adalah xenofobia yang dinormalisasi. Jika dia berusaha menunjukkan empati, nada yang merendahkan dan tidak toleran menceritakan kisah yang berbeda."

Diet Prada juga membandingkan kontes itu dengan perilaku lingkaran gadis jahat yang meracuni. Unggahan tersebut telah disukai lebih dari 22.000 kali dan model AS dan Australia telah memblokir akun tersebut.

"Pengingat bahwa Anda berpartisipasi dalam kompetisi di negara / benua di mana bahasa Inggris BUKAN bahasa utama."

Miss Australia, Francesca Hung - yang separuh orang Cina - memposting foto di Instagram dirinya dengan kontestan Kamboja, mengklaim bahwa seluruh situasi telah "salah dimengerti", demikian Daily Mail, Minggu (16/12).

Baca juga: Miss Filipina Catriona Gray dinobatkan sebagai Miss Universe 2018

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018