3.871 sekolah sudah berpredikat peduli lingkungan

3.871 sekolah sudah berpredikat peduli lingkungan

Arsip Foto. Murid sekolah menanam bibit pohon mahoni di daerah irigasi Desa Lamroh, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. (ANTARA/Ampelsa)

Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sepanjang 2006-2018 sudah memberikan penghargaan Adiwiyata kepada 3.871 sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

"Penghargaan 2018 ini menggenapkan jumlah sekolah yang telah mendapat penghargaan Adiwiyata menjadi  3.871 sekolah, yaitu 727 sekolah Adiwiyata Mandiri dan 3.144 Sekolah Adiwiyata Nasional," kata Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Cicilia Sulastri dalam acara pemberian penghargaan di Jakarta, Jumat.

Pada 2018 saja ada 279 sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional dan 117 sekolah yang berpredikat sekolah Adiwiyata Mandiri. 

Program Adiwiyata ditujukan untuk menciptakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Program itu meliputi penerapan kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan; kurikulum sekolah berbasis lingkungan; kegiatan sekolah berbasis partisipatif; dan pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.

Pemerintah berharap selanjutnya lebih banyak sekolah ikut melaksanakan Program Adiwiyata sebagai upaya untuk melindungi dan melestarikan lingkungan.

Baca juga:
396 sekolah terima penghargaan lingkungan Adiwiyata
UNESCO Dakar puji program sekolah Adiwiyata Indonesia

 
Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018