Pemerintah ingin Adiwiyata jadi gerakan nasional

Pemerintah ingin Adiwiyata jadi gerakan nasional

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (KLHK)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengajak seluruh sekolah dan elemen masyarakat menjadikan Adiwiyata sebagai gerakan nasional untuk merawat lingkungan hidup dan meningkatkan kualitasnya.

"Bersama-sama kita bertekad, kita jadikan Adiwiyata ini menjadi gerakan nasional," kata Siti dalam acara penganugerahan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri 2018 di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan program Adiwiyata sangat penting dalam upaya membangun warga yang peduli lingkungan sejak dini di sekolah-sekolah, serta merehabilitasi dan menjaga lingkungan tetap lestari.

"Kita sekarang mulai mengaktualisasikan, membuat aksi nyata bahwa kita melindungi seluruh tumpah darah dan alam kita, dan itu kita mulai dari anak-anak di sekolah-sekolah," tuturnya.

Siti mengatakan sikap dan tindakan peduli dan berbudaya lingkungan harus ditanamkan pada generasi muda dan Sekolah Adiwiyata merupakan tempat ideal untuk melakukannya.

Program Adiwiyata, ia menjelaskan, ditujukan untuk menciptakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan guna mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik dalam upaya mendukung pembangunan berkelanjutan.

Program itu mencakup pendidikan lingkungan untuk menciptakan kondisi yang lebih baik bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar melalui penerapan sikap dan tindakan peduli dan berbudaya lingkungan demi menjaga bumi tetap lestari.

Baca juga:
396 sekolah terima penghargaan lingkungan Adiwiyata
3.871 sekolah sudah berpredikat peduli lingkungan

 
Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018