Gunung Papandayan ramai dikunjungi wisatawan jelang tahun baru

Gunung Papandayan ramai dikunjungi wisatawan jelang tahun baru

Dokumentasi - Konservasi Eldeweis Papandayan Bunga Eldeweis Jawa (Anaphalis Javanica) memenuhi areal perkemahan Pondok Saladah Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan, Garut, Jawa Barat, Minggu (7//2014). (ANTARA FOTO/Teresia May)

Garut (ANTARA News) - Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah menjelang Tahun Baru 2019.

"Sampai sekarang, lokasi wisata di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah," kata Camat Cisurupan Jujun Juhana saat meninjau Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Sabtu.

Ia menuturkan, Taman Wisata Alam Gunung Papandayan merupakan salah satu objek wisata di Kecamatan Cisurupan yang favorit dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati keindahan alam, kawah, maupun berkemah.

Jajaran aparatur kecamatan, bersama TNI dan Polri, kata dia, telah memantau untuk memastikan situasi dan kondisi keamanan di kawasan wisata aman dan terkendali.

"Untuk keamanan, Alhamdulillah terkendali, kita, muspika (musyawarah pimpinan kecamatan) menindaklanjuti dengan siaga satu, yang melibatkan TNI dan Polri untuk melakukan penjagaan. Anggota yang disiagakan cukup banyak," katanya.

Ia menyampaikan selain menjaga keamanan, pemerintah daerah juga telah menyiapkan tim medis dari Puskesmas Cisurupan, termasuk menyiagakan satu mobil ambulans milik pengelola Taman Wisata Alam Gunung Papandayan.

Bahkan, lanjut dia, pihak kecamatan telah berkoordinasi dengan Pos Pemantau Gunung Papandayan untuk memastikan kondisi gunung aktif tersebut dan hasilnya, dalam status aman untuk dikunjungi wisatawan.

"Dari pos pemantau BMKG, insya Allah aman untuk dikunjungi, dan kami akan senantiasa memberikan informasi," katanya.

Direktur PT Alam Indah Lestari, pengelola Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, Tri Persada menyatakan, setiap musim libur, Gunung Papandayan banyak dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar kota.

Tingkat kunjungan selama musim libur Natal dan menjelang tahun baru, kata dia, terjadi peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, karena pengelola mempromosikan terus objek wisata Gunung Papandayan.

"Peningkatan kunjungan diperkirakan 10 sampai 15 persen dibandingkan tahun lalu," katanya.

Ia menambahkan pengelola berupaya memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi pengunjung, termasuk menyiapkan tempat-tempat yang menarik untuk swafoto.

Ia juga menyebutkan tempat yang bisa dikunjungi wisatawan yakni bumi perkemahan, kawah, tebing gunung, taman edelweis, dan pemandian air hangat.

"Pengunjung yang datang ke sini akan dimanjakan, bisa menikmati keindahan nuansa alam yang berbeda dengan tempat lain," katanya.

Baca juga: Libur panjang, Gunung Papandayan ramai wisatawan

Baca juga: Minat berwisata ke Gunung Papandayan terus meningkat

Baca juga: Yang ingin liburan akhir tahun di Garut, hati-hati jalannya ekstrem
Pewarta : Feri Purnama
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018