Tidak ada hunian sementara. Jadi langsung akan dibangun rumah tapi di kira-kira 400 meter dari sini. Ada tanah 2 hektare, direlokasi karena memang lokasinya di sini memang sangat rawan tsunami..
Rajabasa, Lampung (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo memerintahkan pembangunan pemukiman untuk merelokasi masyarakat pesisir Lampung Selatan yang terkena dampak tsunami Selat Sunda.

"Tadi kan rakyat meminta agar segera rumahnya dibangun, kita akan masuk ke situ, ke tahap rekonstruksi dan pembangunan," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau langsung lokasi yang terdampak bencana tsunami Selat Sunda di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan.

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI itu sempat berkunjung ke Desa Kunjir yang tak jauh dari lokasi Way Muli dan berbincang dengan masyarakat yang menjadi korban tsunami.
Jokowi mengatakan segera akan dibangun pemukiman seluas 2 hektar sekitar 400 meter dari bibir pantai yang terletak di Desa Way Muli.

Pembangunan itu, kata dia, bukan untuk hunian sementara namun rumah permanen.

"Tidak ada hunian sementara. Jadi langsung akan dibangun rumah tapi di kira-kira 400 meter dari sini. Ada tanah 2 hektare, direlokasi karena memang lokasinya di sini memang sangat rawan tsunami," katanya.

Presiden Jokowi meninjau langsung lokasi-lokasi yang terdampak bencana di Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

"Ini kita di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, yang memang paling parah terkena tsunami yang lalu. Di sini juga ada 118 yang meninggal. Kemudian ada yang rusak berat, rumah ada 490," katanya.

Presiden telah menyampaikan kepada Bupati Lampung Selatan, Gubernur Lampung, Menteri PUPR, dan Kepala BNPB agar dalam waktu dekat dan sesegera mungkin dilakukan penanganan.
"Terutama memang ini setelah evakuasi selesai. Kemudian nanti kita lihat yang dirawat di rumah sakit juga semuanya sudah bisa diselesaikan," katanya.

Sebelumnya, Presiden tiba Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan yang berjarak 116 km dari bandara pukul 10.50 WIB. Di sini Presiden mendapat penjelasan tentang sebaran dampak tsunami Kabupaten Lampung Selatan dari Plt Bupati Lampung Selatan. 

Kepala Negara juga melihat bangunan yang terdampak tsunami dan berdialog dengan warga yang terkena dampak tsunami. 

Baca juga: Penyintas tsunami ceritakan pengalamannya ke Presiden
Baca juga: Presiden tawarkan relokasi ke korban tsunami di Lampung Selatan

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2019