Blitar, Jawa Timur (ANTARA News)  - Presiden Joko Widodo menziarahi makam Presiden Soekarno atau Bung Karno di Kota Blitar, Jawa Timur, Kamis. 

Ia ziarah kubur usai meninjau proyek pengendalian banjir Kali Bogel Kabupaten Blitar, dan hadir di kompleks makam Bung Karno sekitar 30 menit sejak sekitar pukul 14.15 WIB. 

Setelah Jokowi selesai berdoa di makam Bung Karno, sejumlah menteri juga melakukan doa di makam Proklamator itu. 

Sejumlah menteri dan pejabat yang mendampingi antara lain Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. 

Setelah ziarah dan istirahat, Jokowi dijadwalkan menuju pendopo Kabupaten Blitar untuk menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat. 

Sementara itu proyek normalisasi Kali Bogel merupakan salah satu dari sembilan proyek di Jawa Timur. Peletakan batu pertama normalisasi Kali Bogel dilakukan pada April 2018.

Proyek tersebut dikerjakan sepanjang 7,1 kilometer dengan anggaran APBN sekitar Rp185 miliar. Normalisasi itu akan dilakukan di dua titik, yakni Kali Bogel dan Kali Kesing.

Kali Kesing menjadi pusat banjir karena sungai itu kecil. Ketika air meluber dari gunung seringkali menyebabkan banjir. Melalui proyek itu, Kali Kesing akan dilebarkan dari tujuh meter menjadi 15 meter.

Melalui proyek pelebaran sungai itu, air Kali Kesing masuk ke Kali Bogel dengan lancar, demikian pula dengan aliran air dari Kali Bogel ke Kali Brantas.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019