Garut (ANTARA News) - Sejumlah warga di Kabupaten Garut, Jawa Barat, merasakan guncangan gempa bumi yang berlangsung cepat sehingga menyebabkan kekhawatiran, bahkan ada yang spontan keluar rumah sesaat setelah gempa, Selasa sore.

Gempa bumi tersebut dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki kekuatan magnitude 5.4 dengan lokasi gempa di 113 km Barat Daya Kota Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman 10 km pukul 16.54 WIB.

Seorang warga yang merasakan guncangan gempa, Kusuma mengatakan, gempa dirasakan sangat kencang, tetapi hanya berlangsung sesaat.

Meskipun sebentar, kata dia, sempat membuat kaget, bahkan spontan keluar rumah karena takut, sekaligus ingin memastikan kondisi warga lainnya di luar rumah.

"Gempanya lumayan sangat terasa," kata Kusuma warga Perumahan Malayu Selaras, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut.

Warga lainnya, Firman mengatakan, guncangan gempa bumi tersebut tidak terlalu dirasakan kuat, berbeda dengan guncangan gempa bumi sebelumnya yang berlokasi di Barat Daya Tasikmalaya pada Senin (7/1) malam.

"Kalau malam terasa ada gempa, tapi sekarang tidak, namun warga lain di komplek saya katanya merasakan gempa," kata Firman warga di Karangpawitan, Garut.

Sebelumnya, guncangan gempa bumi pernah terjadi dan dirasakan banyak warga di Kabupaten Garut, bahkan daerah kabupaten sekitarnya dengan kekuatan gempa magnitude 4.8 di 62 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kedalaman 21 km pukul 22.04 WIB.

Kemudian guncangan gempa kembali dirasakan warga dengan kekuatan magnitude 5.4, gempa tersebut terjadi di 113 km Barat Daya Kota Sukabumi, dengan kedalaman 10 km pukul 16.54 WIB.

Baca juga: Sukabumi diguncang gempa 5,4 Skala Richter
 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2019