Masyarakat diminta menggunakan jembatan yang sudah disediakan lebih nyaman dan aman
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi mengatakan pihaknya akan membangun pagar tinggi untuk menertibkan pejalan kaki di Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakpus.

"Pakai MCB (Movable Concrete Barier) diloncati orang, lebih baik dipagarin tinggi biar orang enggak loncat," kata Irwandi di Jakarta, Kamis.

Pemkot Jakpus menyayangkan perilaku warga yang masih menyeberang dan melompati MCB yang berfungsi sebagai pembatas antara jalur bus dan jalur umum.

Bila dibiarkan, kemacetan di sekitar Tanah Abang takkan pernah teratasi mengingat Pemerintah DKI telah membangun Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanah Abang demi mengatur lalu lintas dan pedagang kaki  lima yang sebelumnya semrawut.

Pejalan kaki dinilai lebih memilih untuk menyeberang jalan karena lebih praktis dibanding harus naik ke atas jembatan, namun Irwandi tidak mengizinkan hal tersebut karena melanggar peraturan.

"Enggak boleh (melompati MCB), harus disiplin. Nanti angkot susah jalan disitu, bus Transjakarta dan Jak lingko lewat situ juga," imbuhnya.

JPM Tanah Abang menampung 446 PKL dan membangun moda transportasi umum terintegrasi dalam Jak Lingko yang melibatkan bus Transjakarta, kereta rel listrik, dan mikrobus. Kelak akan terintegrasi dengan Ratangga dan Light Rail Transit (LRT) Jakarta.

Meski belum bisa merincikan rencana pembangunan pagar tinggi itu, Pemkot Jakpus memastikan akan melakukannya sesegera mungkin.

"Segera dibangun," tukas Irwandi. 
 

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019