Permintaan warga pesisir masih sama seperti tahun sebelumnya. Mereka membutuhkan kapal ambulans, terutama saat gelombang laut tinggi
Tanjungpinang,  (ANTARA News) - Warga pesisir Batam, Provinsi Kepulauan Riau, terutama yang jauh dari puskesmas dan rumah sakit membutuhkan kapal ambulans, demikian disampaikan anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau Ririn Warsiti mengatakan

"Dari hasil reses terakhir kami, permintaan warga pesisir masih sama seperti tahun sebelumnya. Mereka membutuhkan kapal ambulans, terutama saat gelombang laut tinggi," ujarnya saat melaporkan hasil reses dalam rapat paripurna di Kantor DPRD Kepri, Tanjungpinang, Senin.

Sampai sekarang, kata dia, warga pesisir di Kota Batam yang tinggal di pulau-pulau, kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan karena alat transportasi laut kurang memadai. Bagi warga pesisir, terutama yang menderita sakit parah membutuhkan perawatan yang cepat, sementara kapal atau perahu yang tersedia tidak memadai.

Ia mengatakan akhir tahun 2018 hingga sekarang gelombang laut tinggi, sehingga warga membutuhkan kapal yang berukuran besar. Kondisi ini seharusnya diperhatikan pemerintah, terutama di sekitar Kecamatan Nongsa. Pemerintah bertanggung jawab memberi pelayanan transportasi dan kesehatan yang memadai, sesuai kebutuhan.

"Jangan sampai ada warga yang sakit parah tetapi tidak dapat berobat lantaran tidak ada sarana transportasi," ujarnya.

Ririn mendesak Pemkot Batam, Pemprov Kepri maupun pemerintah pusat segera mengadakan kapal ambulans. Pengadaan kapal ambulans merupakan kebutuhan mendesak, sehingga pemerintah harus bergerak cepat.

"Saya pikir ini persoalan keselamatan jiwa warga yang membutuhkan perawatan di tempat yang layak. Jadi ini permasalahan serius, tidak dapat ditunda-tunda penyelesaiannya," katanya.

Persoalan yang sama juga disampaikan anggota DPRD daerah pemilihan Bintan-Lingga Hanafi Ekra yang juga menyatakan Kabupaten Lingga membutuhkan alat transportasi laut yang memadai. Selain untuk kepentingan kesehatan, alat transportasi laut yang memadai juga dibutuhkan untuk kepentingan pendidikan dan angkutan air bersih.

"Lingga itu terdiri dari pulau-pulau, sehingga membutuhkan kapal ceoat yang cukup banyak," ujarnya.

Baca juga: Kepri perlu puskesmas terapung untuk warga pesisir

Baca juga: Pencarian korban kapal ambulans tenggelam selesai

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019