yang berpotensi hujan lebat Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua
 Banjarnegara  (ANTARA News) -  Sejumlah kabupaten di Jawa Tengah seperti Kabupaten Banjarnegara, Kebumen, Pekalongan, Batang, Wonosobo, Banyumas, dan Purbalingga  terkena dampak dari siklon tropis Riley yang menyebabkan peningkatan curah hujan di wilayah setempat.

"Banjarnegara dan kabupaten lain di sekitarnya juga ikut terkena dampak siklon Riley, itu yang menyebabkan hujan lebat," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara  (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie, di Banjarnegara, Jumat.

 Dia menjelaskan, BMKG mendeteksi adanya siklon tropis Riley di Samudra Hindia Barat Australia.

  "Konvergensi memanjang dari perairan Utara NTT hingga Laut Arafuru. Belokan angin terdapat di Sumatera bagian Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan perairan Utara Sulawesi," katanya. 

 Akibat dari siklon tropis tersebut, kata dia, sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat dan angin kencang.

  "Bahkan ada wilayah yang tidak hanya berpotensi hujan lebat namun juga disertai potensi angin kencang, kilat dan petir," katanya. 

Karena itu, pihaknya telah meneruskan informasi tersebut kepada para pemangku kepentingan terkait agar terus meningkatkan kewaspadaan khususnya potensi bencana di wilayah yang rawan longsor.

 "Kami sudah meneruskan informasi tersebut kepada para pemangku kepentingan guna meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi peningkatan curah hujan," katanya.

 Menurut data prakiraan cuaca BMKG, pada tanggal 25 Januari 2019 ini sejumlah wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

  Sementara yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat dan petir adalah Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah.

 "Menurut prakiraan cuaca, pada tanggal 26 Januari 2019 wilayah Jawa Tengah diprakirakan juga masih berpotensi hujan lebat," katanya.

Baca juga: Waspadai dampak Siklon Riley di selatan perairan Laut Timor, kata BMKG
Baca juga: Pohon tumbang tewaskan warga Denpasar
Baca juga: Puluhan pohon tumbang di Lombok Tengah

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019