Dari sudut pandang Kanada, jika (AS) membatalkan permintaan ekstradisi, itu akan bagus untuk Kanada
Ottawa (ANTARA News) - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Sabtu (26/1) waktu setempat, meminta duta besar Kanada untuk China agar mengundurkan diri, beberapa hari setelah diplomat itu melontarkan kritik atas permintaan ekstradisi Amerika Serikat (AS) untuk pimpinan Huawei.

Komentar McCallum terkait Meng Wanzhou menjadi berita utama dalam beberapa hari terakhir. Pimpinan keuangan Huawei itu ditangkap di Vancouver pada 1 Desember dan menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat.

"Tadi malam saya meminta dan menerima pengunduran diri John McCallum sebagai Duta Besar Kanada untuk China," kata Trudeau dalam sebuah kesempatan, tanpa menjelaskan latar belakang keputusan itu, dilansir AFP, Minggu.

Meng dituduh melakukan kebohongan untuk berbisnis dengan Iran yang tengah menjalani sanksi dari AS. Meng kemudian dibebaskan dengan jaminan, namun penangkapannya terlanjur memicu krisis diplomatik antara Ottawa dan Beijing.

Baca juga: AS bela Kanada mengenai penangkapan CFO Huawei

Pada Selasa (22/1), McCallum berbicara singkat kepada anggota parlemen mengenai nasib dua warga Kanada yang ditahan di China, dan satu orang yang terancam hukuman mati, yang dipandang sebagai tindakan pembalasan oleh Beijing.

Setelah pembicaraan itu, dia berkomentar negatif atas permintaan ekstradisi AS kepada media berbahasa China di Markham, Ontario.

Dia mengutip komentar politik Presiden AS Donald Trump atas kasus tersebut sebagai "aspek ekstrateritorial" karena dalam kasus Meng ada fakta bahwa Kanada tidak menandatangani sanksi Iran sehingga Washington menginginkan ekstradisi itu.

Ucapan McCallum langsung dimanfaatkan partai-partai oposisi untuk mengkritik sistem peradilan yang digembar-gemborkan pemerintah Kanada.

Hari berikutnya, McCallum kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa dia "salah bicara" dan "menyesal" karena komentarnya "telah menciptakan kebingungan."

Tetapi pada Jumat (25/1), McCallum mengatakan kepada The Vancouver Star akan "bagus untuk Kanada" jika AS membatalkan permintaan ekstradisi.

Baca juga: Huawei hukum karyawan karena cuitan dari iPhone

"Dari sudut pandang Kanada, jika (AS) membatalkan permintaan ekstradisi, itu akan bagus untuk Kanada," katanya kepada surat kabar itu dalam sebuah acara amal.

"Kami harus memastikan jika AS melakukan kesepakatan seperti itu, itu juga termasuk pembebasan dua warga kami. Dan AS sangat menyadari hal itu," katanya.

Di sisi lain, Trudeau juga memuji sikap McCallum yang sudah mengabdi kepada negara selama hampir dua dekade, dengan menyebutkan telah melakukan hal "dengan hormat dan istimewa."

McCallum pernah memegang sejumlah jabatan kabinet, termasuk menteri pertahanan, menteri urusan veteran, dan menteri imigrasi.

Pernyataan itu menambahkan bahwa posisi McCallum sebagai duta Kanada di Beijing akan dijabat Jim Nickel yang berlaku efektif dengan segera, demikian AFP.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019