Jakarta (ANTARA News) - Pertunjukan barongsai memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2570 di Klenteng Kong Miao di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. 

Penampilan barongsai itu dibawakan Perkumpulan Lung Shan Bo dari Tangerang, Banten. "Kami baru pertama kali tampil di sini," kata Bobby Febrian yang menjadi koordinator perkumpulan di Klenteng Kong Miao, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa. 

Atraksi barongsai itu menghibur umat Konghucu yang beribadah di Klenteng Kong Miao dan pengunjung dari agama lain yang sengaja datang ke klenteng itu untuk menonton pertunjukan barongsai.
Penampilan barongsai memikat pengunjung di Klenteng Kong Miao, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (5/02/2019). (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak)


Klenteng Kong Miao memang menyediakan pertunjukan barongsai itu secara gratis sebagai bagian dari perayaan Tahun Baru Imlek.

Para penonton tak lupa untuk mengabadikan foto bersama dengan dua barongsai di halaman klenteng itu. Mereka juga berfoto di klenteng yang telah dihias dengan mayoritas lampion merah. 
Pengunjung memadati Klenteng Kong Miao, Taman Mini Indonesia Indah untuk melihat pertunjukan barongsai sebagai bagian dari rangkaian kegiatan perayaan Tahun Baru Imlek, Jakarta, Selasa (5/02/2019). (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak)


Atraksi barongsai itu dilakukan setelah diadakannya sembahyang kepada Tuhan di klenteng itu. 

Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional akan diadakan pada 10 Februari 2019 pukul 15.00 WIB di Gedung Teater Garuda Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. 

Lina yang merupakan salah satu pengunjung di klenteng itu mengaku baru pertama kali melihat barongsai. 

"Senang banget, seru banget," ujar perempuan berkerudung yang tinggal di Cipayung, Jakarta Timur itu kepada Antara. 

Perempuan yang mengenakan kaos tangan panjang yang bermotif garis horizontal hitam dan putih itu berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah bersama anak dan saudara. 

Baca juga: Umat Konghucu berharap terpilih pemimpin yang adil

Pewarta: Martha Simanjuntak
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019