Intensitas hujan sedang tinggi, jadi masyarakat diharapkan bisa menjauh terlebih dahulu dari sekitar Way (Sungai) Tulangbawang
Oleh Triono Subagyo dan Emir F.S.

Bandarlampung, (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulangbawang, Provinsi Lampung mengatakan pihaknya telah siaga mengantisipasi banjir susulan akibat meluapnya Way (Sungai) Tulangbawang.

Kepala BPBD Kabupaten Tulangbawang, Noerma M Yus, ketika dihubungi dari Bandarlampung, Senin, mengimbau kepada seluruh masyarakat tetap waspada terhadap banjir susulan, mengingat intensitas hujan masih tinggi di daerah itu.

"Intensitas hujan sedang tinggi, jadi masyarakat diharapkan bisa menjauh terlebih dahulu dari sekitar Way (Sungai) Tulangbawang," kata dia.

Ia menjelaskan untuk mengantisipasi dan menangani jika terjadi banjir susulan, tim BPBD telah menyiapkan beberapa perahu karet. Perahu karet itu juga sudah disiagakan.

Selain itu, perahu karet untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir di rumah masing-masing.

"Bila sudah melihat mencurigakan seperti air sudah mulai meluap, maka masyarakat harus segera meninggalkan rumah," katanya.

Noerma mengingatkan masyarakat yang tinggal di pinggir Way Tulangbawang untuk menyimpan barang-barang berharga di tempat yang lebih aman dan tidak terkena banjir.

"Karena banjir dapat merusak semua berkas dan dokumen penting milik siapa saja. Apalagi bila sudah terendam berjam-jam," katanya.

Baca juga: Sungai meluap rendam perumahan warga Tulangbawang Lampung

Baca juga: Banjir rendam ratusan rumah di Tulangbawang

Pewarta: Triono Subagyo dan Emir F.S.
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019