Banjar, Jaba (ANTARA News) - Lantunan solawat "Thola'al Badru" dan dendang rebana yang dilantunkan tim kosidah Pesantren Miftahul Huda Al Azhar menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di acara Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama.
   
Presiden Jokowi tiba di acara yang dilaksanakan di Citangkolo, Kujangsari, Kota Banjar pada Rabu itu, pada pukul 13:00 WIB.
   
Mantan walikota Solo menghadiri acara itu dengan mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam, dan sarung motif kotak-kotak serta kopiah hitam dan bersandal selop.
   
Pejabat yang turut hadir dalam acara itu mendampingi Presiden antara lain oleh Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.
   
Kepala Negara membuka Munas Alim Ulama dan Konbes NU yang dilaksanakan pada 27 Februari hingga 1 Maret 2019 itu.
   
Acara peresmian dibuka oleh Presiden Jokowi dengan menggetarkan alat musik angklung sebagai tanda dimulainya acara.
   
Presiden Jokowi meninggalkan pondok pesantren pada sekitar pukul 15:00 WIB.
   
Munas Alim Ulama akan membahas sejumlah isu keagamaan menyangkut kehidupan umat dan bangsa.
   
Sementara itu konferensi membahas pelaksanaan keputusan-keputusan muktamar dan mengkaji perkembangan program yang telah dicanangkan.
   
Konbes juga memutuskan peraturan organisasi, serta menerbitkan rekomendasi. Sejumlah tokoh yang menghadiri acara itu antara lain mantan Rais Aam PBNU KH Ma'ruf Amin, dan putra pendiri Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Munawir Abdulrohim.

Baca juga: Presiden kunjungan kerja ke Banjar dan Tasikmalaya

Baca juga: Munas-Konbes NU bahas masalah kemasyarakatan, agama, dan kebangsaan

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2019