FedEx SameDay Bot adalah evolusi dalam layanan pengiriman e-commerce di hari yang sama

MEMPHIS, Tennessee (Antara/BUSINESS WIRE) -- FedEx Corp. (NYSE:FDX) hari ini mengumumkan pengembangan solusi pengiriman mutakhir guna memenuhi perubahan kebutuhan konsumen, yakni FedEx SameDay Bot, teknologi pengiriman otonom yang dirancang untuk membantu penjual mewujudkan pengiriman di hari yang sama (same day) dan last-mile kepada konsumen mereka.

Untuk melihat siaran pers multimedia, klik: https://www.businesswire.com/news/home/20190227005421/en/

Dengan menggunakan bot, penjual akan dapat menerima pesanan dari konsumen yang berdekatan dan mengirimkan barang pesanan oleh bot secara langsung ke rumah atau kantor konsumen di hari yang sama. FedEx bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan seperti AutoZone, Lowe's, Pizza Hut, dan Walmart untuk membantu mengkaji kebutuhan pengiriman penjual. Secara rata-rata, lebih dari 60 persen konsumen tinggal dalam radius 5 km dari penjual. Hal ini tentunya menjadi kesempatan untuk mewujudkan pengiriman lokal yang bersifat on-demand.

"FedEx SameDay Bot merupakan sebuah inovasi yang dirancang untuk mengubah wajah dari pengiriman lokal dan membantu penjual memenuhi ekspektasi konsumen mereka secara efisien," ujar wakil president eksekutif sekaligus direktur pemasaran dan komunikasi FedEx Brian Carere. "Bot ini merepresentasikan pencapaian di dalam misi kami untuk mengatasi kompleksitas dan pembiayaan dari solusi pengiriman di hari yang sama bagi pasar e-commerce yang tengah berkembang dengan cara yang aman dan ramah lingkungan."

FedEx bot direalisasikan atas kerjasama dengan DEKA Development & Research Corp. dan sang pendiri Dean Kamen, penemu banyak teknologi pengubah kehidupan, diantaranya seperti iBot™ Personal Mobility Device dan Segway®.

"Bot ini memiliki kapabilitas unik yang menjadikannya berbeda dengan kendaraan otonom lainnya," ungkap Kamen. "Teknologi ini didasarkan iBot, perangkat mobilitas mutakhir yang telah disahkan oleh FDA bagi komunitas disabilitas yang menawarkan masa operasi lebih dari 10 jam. Dengan menerapkan prinsip teknologi ini pada penggunaan yang lain, kami berharap iBot dapat menjadi lebih mudah diakses oleh siapapun yang membutuhkan mobilitas lebih."

FedEx bot dirancang untuk beroperasi di trotoar dan sepanjang sisi jalan raya, sehingga mampu memberikan layanan pengiriman barang bervolume ringkas dengan aman hingga ke tangan konsumen. Bot dilengkapi sejumlah fitur seperti teknologi pemantau pejalan kaki dari iBot, LiDAR dan sejumlah kamera yang tertanam, nol emisi karbon, dan ditenagai oleh baterai. Fitur-fitur ini disandingkan dengan algoritma pembelajaran mesin untuk mendeteksi dan menghindari rintangan, menentukan jalan yang aman, dan memungkinkan bot untuk mengikuti jalan dan serangkaian peraturan keselamatan di jalan. Teknologi eksklusif ini menjadikan bot ini sangat handal, sehingga memungkinkannya untuk menavigasikan permukaan tidak beraspal, pinggiran jalan, dan bahkan tangga untuk menciptakan pengalaman pengiriman pintu ke pintu.

FedEx berencana untuk mengujicobakan bot pada musim panas ini di sejumlah pasar, salah satunya di Memphis, Tennessee, menunggu perizinan kota.

"Kami sangat senang FedEx memilih kota asalnya sebagai salah satu kota percobaan untuk inovasi yang paling revolusionernya," tutur Walikota Jim Strickland. "Kami sudah tidak sabar dapat bekerjasama dengan FedEx untuk terus memperkenalkan beragam teknologi yang akan membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat kami."

Tes perdana ini akan melibatkan serangkaian pengiriman antar sejumlah gerai FedEx. Gerai FedEx saat ini menyediakan layanan SameDay City di 32 pasar dan 1.900 kota menggunakan kendaraan dan karyawan FedEx. Hadirnya FedEx bot akan menyempurnakan layanan ini.

"FedEx SameDay Bot merepresentasikan lembaran baru di dalam perjalanan kami dalam menghadirkan layanan yang inovatif, yang didukung oleh ekosistem logistik FedEx eksisting yang mutakhir," ujar President dan CEO FedEx Office Brian Philips. "Kami antusias dapat menghadirkan teknologi ini ke sejumlah pasar baru dan meningkatkan layanan kami. Masukan-masukan dari para konsumen kami menjadi dasar kami untuk menentukan arah kami ke masa depan."

Layanan FedEx bot akan tersedia pada beberapa segmen penjual, dan kelompok pertama konsumen yang berkesempatan untuk melihat purwarupa teknologi ini telah mengetahui manfaat dari teknologi ini bagi bisnis mereka.

"Kami sangat antusias untuk dapat bekerjasama dengan FedEx dan DEKA dalam mencoba inovasi terbaru ini," kata Chairman, President, dan CEO Customer Satisfaction Autozone. "Ketika pertama kali kami melihat FedEx SameDay Bot beraksi, kami tahu solusi ini akan sangat membantu kami meningkatkan layanan kami kepada para konsumen."

"Kemampuan dan keunggulan FedEx SameDay Bot berpotensi menyederhanakan dan mempercepat distribusi bagi beragam segmen konsumen. Bayangkan saja, hadirnya solusi ini dapat menghemat waktu dan uang karena Anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan jika Anda membutuhkan barang atau peralatan dari Lowe's," ujar Executive Vice President Supply Chain Lowe's. "Kami sudah tidak sabar untuk dapat mengeksplorasi berbagai posibilitas untuk meningkatkan layanan kepada konsumen kami."

"Pizza Hut aktif mengeksplorasi berbagai solusi berbasis teknologi baru guna meningkatkan layanan pengiriman kami," kata Chief Customer and Operations Pizza Hut U.S. Nicolas Burquier. "Kesempatan untuk bekerjasama dengan para inovator di sektor jasa pengiriman seperti FedEx memungkinkan kami untuk memanfaatkan teknologi mutakhir guna mengoptimalkan pengalaman pengiriman."

"Kami tiada henti berinvestasi pada beragam teknologi dan kapabilitas baru untuk menjadikan Target sebagai tempat paling nyaman untuk berbelanja - masa kini dan masa depan. Kami sangat antusias dapat bermitra dengan FedEx untuk mengeksplorasi bagaimana robot otonom dapat meningkatkan layanan pengiriman, sehingga memungkinkan kami untuk melampaui ekspektasi konsumen," ungkap COO Target John Mulligan.

"Di Walgreens, kami selalu berupaya untuk memanfaatkan teknologi terkini untuk menyediakan solusi farmasi dan perawatan kesehatan yang inovatif, dan solusi pengiriman yang dapat membawa segala layanan kami kepada konsumen dimanapun dan kapanpun mereka membutuhkan," tutur Co-chief Operating Officer Walgreens Boots Alliance, Inc. Alex Gourlay. "Walgreens telah menjadi pilihan alami untuk layanan pengiriman obat resep hari berikutnya di AS, dan FedEx SameDay Bot merupakan cara baru yang memungkinkan kami menyediakan layanan yang lebih baik kepada para konsumen."

Bot ini pertama kali diperkenalkan kepada publik pada salah satu program NBC, The Tonight Show Starring Jimmy Fallon, pada tanggal 26 Februari. Purwarupa ini akan terus disempurnakan untuk memenuhi standar dan regulasi keamanan dan kebutuhan spesifik masing-masing konsumen. Untuk informasi lebih lanjut tentang FedEx SameDay Bot, kunjungi thefuturefedex.com. Untuk informasi tambahan lainnya, klik disini.

Tentang FedEx Corp.

FedEx Corp. (NYSE:FDX) menyediakan beragam portofolio layanan transportasi, e-commerce, dan bisnis di seluruh dunia. Dengan pendapatan tahunan mencapai 69 miliar dolar AS, perusahaan ini menawarkan layanan bisnis terintegrasi melalui sejumlah perusahaan operasional yang saling bersaing dan dikelola secara kolaboratif, dibawah naungan merek FedEx. Sebagai salah satu perusahaan yang paling dikagumi dan paling dipercaya di dunia, FedEx menginspirasi lebih dari 450.000 karyawannya untuk berfokus 'secara pasti, dan positif' pada keselamatan, standar etos dan profesional tertinggi, serta kebutuhan konsumen mereka dan masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara FedEx berinteraksi dengan masyarakat, kunjungi about.fedex.com.

Tentang DEKA Research & Development Corp.

Berkantorpusat di Manchester, New Hampshire, DEKA adalah perusahaan riset dan pengembangan yang didukung hampir 600 karyawan yang terdiri dari profesional di bidang perekayasaan, manufaktur, dan jaminan mutu yang berfokus pada pengembangan berbagai teknologi baru. Perusahaan ini didirikan pada 1982 oleh Dean Kamen, invetor yang memegang ribuan hak paten dan penghargaan di AS dan negara-negara lain, yang sebagian besar merupakan teknologi kesehatan yang telah dimanfaatkan di seluruh dunia.

Pernyataan tertentu dalam siaran pers ini dapat dianggap sebagai pernyataan berwawasan ke depan, seperti ekspektasi manajemen mengenai kemampuan dan efisiensi yang tersedia melalui FedEx SameDay Bot, serta kemampuan kami untuk memenuhi standar dan peraturan keselamatan yang berlaku dan menerima persetujuan pemerintah yang diperlukan. Pernyataan berwawasan ke depan semacam itu tunduk pada risiko, ketidakpastian, dan faktor-faktor lain, termasuk ketidakpastian yang menyertai teknologi baru dan inovatif, hasil tak terduga dari pengujian awal, dan pengembangan standar keselamatan, peraturan, dan persetujuan pemerintah yang diperlukan, yang dapat menyebabkan hasil aktual berbeda dari hasil yang dinyatakan atau tersirat oleh pernyataan berwawasan ke depan tersebut. Pernyataan berwawasan hanya berlaku pada tanggal pembuatannya. Kami tidak berkewajiban untuk memperbarui atau merevisi pernyataan berwawasan ke depan, entah itu sebagai hasil dari informasi baru, peristiwa masa depan atau sebaliknya.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20190227005421/en/

Kontak

Bonny Harrison
FedEx Media Relations
901.434.5207
bonny.harrison@fedex.com

Sumber: FedEx Corp.  

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019