Cirebon (ANTARA) - Relawan Jokowi Mania (Joman) meyakini pasangan Calon Presiden dan wakil Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo dan KH Ma`ruf Amin akan menang telak di Cirebon, Jawa Barat, dengan perolehan suara hingga 80 persen.

"Kita yakin bisa memperoleh suara di Cirebon hingga 80 persen, karena Cirebon merupakan basis pendukung Jokowi," kata Ketua Umum Joman Immanuel Ebenezer di Cirebon, Sabtu.

Menurutnya, semua relawan sudah siap bergerak untuk memenangkan Jokowi untuk periode kedua. Pihaknya siap untuk melakukan seruan dan gerakan, menang total 80 persen untuk kemenangan Jokowi di Cirebon.

Gerakan tersebut dilakukan dengan cara memberikan kesadaran politik kepada warga dari rumah ke rumah.

"Kita kerahkan anggota untuk bisa memenangkan Jokowi-Ma`ruf," tuturnya.

Immanuel menjelaskan, banyak pengaruh yang bisa merealisasikan capaian 80 persen untuk kemenangan Jokowi, di antaranya dukungan yang cukup besar dari kalangan Nahdliyyin di Cirebon kepada paslon 01.

Selain itu juga konsistensi dukungan sejumlah pesantren kepada paslon 01 sangat besar dan salah satunya dibuktikan oleh Pondok Buntet Pesantren.

Menurut dia, dukungan sejumlah kiai, pondok pesantren dan warga Nahdliyyin di Cirebon kepada pasangan Jokowi dan KH Maruf Amin, bukan hanya masalah pertimbangan politik.

"Namun juga ada pertimbangan masalah kebangsaan dan ideologi yang melandasinya, sehingga dukungan ini sangat kuat," tuturnya.

Untuk relawan yang tegabung dalam Joman, kata Immanuel, sudah terbentuk di hampir seluruh wilayah Indonesia.

"Banyaknya relawan yang dimiliki oleh Joman membuat kami yakin bisa membantu kemenangan Jokowi-KH Maruf Amin dalam pemilihan presiden nanti," katanya.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu no urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan no urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: Relawan Reliji fokus kampanye "door to door" di enam provinsi

Baca juga: Relawan Pemuda Pancasila siap bantu Jokowi luruskan hoaks

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019