Denpasar (ANTARA) - Kapolda Bali, Irjen Pol. Petrus R. Golose, menugasi 138 siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) yang telah dilantik menjadi Bintara Polri di Lapangan Bhakti SPN Polda Bali, Senin, untuk mendukung pengamanan Pemilu 2019, yang saat ini sudah memasuki tahap kampanye.

"Pemilu 2019 memiliki karakteristik yang khas dengan segenap potensi kerawanan yang menyertainya. Polri bersama dengan TNI dan seluruh pemangku kepentingan, bekerja keras dan mengerahkan segenap sumber daya yang dimiliki untuk mewujudkan Pemilu tahun 2019 yang aman, lancar dan damai," katanya.

Oleh karena itu, para Bintara remaja yang telah menjalani pendidikan selama tujuh bulan akan menjadi salah satu elemen terdepan dalam pengamanan Pemilu Tahun 2019, sehingga mereka harus mampu melaksanakan tugas dengan optimal.

"Persiapkan diri dengan baik, tanamkan disiplin dan tekad yang kuat serta implementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di lembaga pendidikan, demi keberhasilan pelaksanaan tugas," ujar Kapolda.

Menurut Golose, ada empat hal yang perlu diperhatikan agar menjadi personel Polri yang disiplin dan terampil dalam pelaksanaan tugas, cerdas, dan memiliki wawasan akademik yang unggul serta memiliki kepribadian yang luhur.

"Pertama, senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas," katanya.

Kedua, pegang teguh serta amalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya sebagai pedoman dalam setiap langkah pengabdian insan Bhayangkara sejati dan melaksanakan setiap tugas yang diemban dengan penuh semangat, tanggung jawab, dan keikhlasan.

Ketiga, terus kembangkan pengetahuan dan keterampilan m dalam mendukung pelaksanaan tugas. Jangan pernah berhenti untuk belajar, berlatih, dan menuntut ilmu.

Keempat, senantiasa menjaga nama baik serta kehormatan diri, keluarga, dan institusi. Hindari segala pelanggaran disiplin, pelanggaran Kode Etik Profesi Polri maupun pelanggaran pidana.

Menurut dia, upacara pelantikan merupakan langkah awal dalam perjalanan karier sebagai anggota Polri. Masih sangat panjang medan tugas yang akan ditempuh dan tantangan tugas yang akan hadapi. Seiring perkembangan kehidupan masyarakat yang semakin kompleks, membuat tugas Polri akan semakin penuh dengan tantangan.

"Saya mengucapkan selamat kepada 8.389 Bintara remaja se-Indonesia, terdiri atas 7.991 pria dan 398 wanita, yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan Pembentukan Bintara Polri yang berlangsung selama tujuh bulan dan berhak menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua, termasuk dari Bali," kata Kapolda.

Dalam tata kehidupan negara demokratis, setiap institusi negara berlomba-lomba untuk meraih kepercayaan publik dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diembannya.

Oleh karena itu, Polri selaku penanggung jawab pemeliharaan keamanan dalam negeri, terus berupaya untuk merebut kepercayaan publik melalui peningkatan profesionalisme dan modernisasi.

"Upaya tersebut diterapkan melalui tiga kebijakan utama Promoter, yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, serta manajemen media. Implementasi program Promoter telah menunjukkan hasil yang cukup efektif," kata Kapolda Bali.

Jenderal lulusan Akpol Tahun 1988 ini mengungkapkan, Polri yang pada pertengahan tahun 2016 menjadi salah satu dari tiga institusi dengan tingkat kepercayaan publik terendah.

Polri terus mengalami perbaikan atau pembenahan sehingga saat ini menjadi salah satu dari tiga institusi dengan kepercayaan publik tertinggi.

"Capaian tersebut harus terus dipelihara dan ditingkatkan untuk mendukung keberhasilan Polri melaksanakan tugas memelihara stabilitas keamanan dalam negeri," katanya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Made Surya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019