Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP)  kini juga menjangkau hingga jenjang perguruan tinggi dari sebelumnya hanya diterima sampai jenjang SMA/SMK.

“Oleh karena itu, kepada semua siswa penerima KIP, saya mohon supaya belajar sungguh-sungguh sehingga bisa mendapatkan kesempatan untuk bisa melanjutkan sampai perguruan tinggi,” kata Mendikbud dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Tidak hanya peningkatan jumlah penerima KIP, pembangunan SDM juga dilakukan dengan pembangunan fisik dan peningkatan mutu sekolah yang terus dipacu sehingga nantinya seluruh peserta didik di Indonesia bisa memperoleh fasilitas dan kualitas pendidikan yang sama.

“Selanjutnya, untuk pembangunan gedung-gedung sekolah terus kita pacu, kita percepat. Mudah-mudahan seluruh Indonesia nanti akan memiliki gedung-gedung yang sama, dan kualitas guru juga sama,” kata Mendikbud.

Ia mengatakan,  pemerintah bersama masyarakat harus bersinergi demi percepatan pembangunan terutama pembangunan sumber daya manusia yang menjadi fokus pemerintah pada 2019.

"Kita berupaya terus untuk meningkatkan, mempercepat agar kita segera menjadi bangsa yang besar, maju, setara dengan bangsa-bangsa lain yang sudah maju," ujar Mendikbud

Mendikbud mengakui, masih ada beberapa kekurangan di dalam dunia pendidikan di Indonesia. Akan tetapi hal tersebut diyakini dapat teratasi dengan baik.

“Memang masih banyak persoalan pendidikan termasuk guru honorer, masih banyak sekolah yang rusak, buku-buku yang masih kurang. Akan tetapi akan terus kita perbaiki dan sempurnakan untuk ke depannya. Yang penting mari kita sepakat, kita bertekad untuk terus menjaga kelangsungan pembangunan yang sekarang sedang bergerak cepat,” terang Mendikbud.

Mendikbud mengingatkan bahwa dalam setiap kesempatan, Presiden Joko Widodo, selalu menyampaikan bahwa mulai tahun 2019 pemerintah tidak hanya memperhatikan pembangunan infrastruktur melainkan juga mulai memperhatikan pembangunan SDM.
 

 Baca juga: Mendikbud dorong pencairan KIP hingga pelosok daerah
Baca juga: Pemerintah distribusikan 1,9 juta KIP untuk santri-anak yatim

Pewarta: Indriani
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019