Sampai dengan bulan Januari 2019 terdapat 1.031.179 jiwa yang telah didaftarkan oleh Kemensos sebagai Peserta JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional--Kartu Indonesia Sehat) segmen PBI
Gresik, Jawa Timur (ANTARA) - Sebanyak 33.592 warga miskin di dua wilayah, yakni Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan, Jawa Timur menerima kartu BPJS Kesehatan program Penerima Bantuan Iuran (PBI), yang sebelumnya telah didaftarkan Kementerian Sosial (Kemensos).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Greisthy EL Borotoding di Gresik, Rabu mengatakan rinciannya adalah 6.712 kartu di Kabupaten Gresik, dan sebanyak 26.880 kartu di Kabupaten Lamongan yang merupakan program tahap I pendistribusian tahun 2019.

"Sampai dengan Januari 2019 terdapat 1.031.179 jiwa yang telah didaftarkan oleh Kemensos sebagai Peserta  Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS ) segmen PBI," katanya.

Ia mengatakan, warga miskin penerima kartu tersebar di seluruh kecamatan, namun jumlah di setiap kecamatan beragam karena mengacu sesuai usulan.

"Kartu JKN KIS yang kami distribusikan langsung dikirim ke setiap peserta, dan untuk Kabupaten Gresik dikirimkan melalui Kader JKN, sedangkan di Kabupaten Lamongan pendistribusiannya melalui Dinas Sosial," katanya.
 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019