Lampung Tengah (ANTARA) - Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo menghadiri acara deklarasi dukungan dari petani dan nelayan Provinsi Lampung.
   
Mantan gubernur DKI itu tiba di Lapangan Karang Endah, Lampung Tengah pada Jumat.
   
Kendati panas terik menyengat namun masyarakat tetap berkumpul menantikan sambutan capres 01 dalam acara Jokowi Sekelik Lampung atau Jokowi saudara Lampung.
   
Dalam sambutannya, dia mengajak masyarakat untuk menjaga persaudaraan dan kerukunan.
   
Dia menilai Provinsi Lampung bagaikan miniatur dari Indonesia karena hampir semua suku berada di daerah itu.
   
"Negara kita ini negara besar. Kita memiliki 714 suku, berbeda-beda agama, berbeda bahasa, berbeda adat dan tradisi. Tapi marilah kita jaga persatuan, kita jaga persaudaraan kita jaga kerukunan," tegas Jokowi.
   
Dia meminta jangan karena perbedaan pilihan politik dalam Pilkada maupun Pemilu masyarakat terpecah belah.
   
Selain itu, Jokowi juga menjelaskan program yang akan dilakukan pemerintah kedepan yakni Kartu Indonesia Pintar untuk Mahasiswa, Kartu Pra Kerja, dan Kartu Sembako Murah.
   
"Jadi yang masih belum kerja akan ditraining, akan diberikan pelatihan-pelatihan baik oleh pemerontah maupun BUMN dan swasta dan dengan kartu ini akan diberi insentif sebelum mendapatkan kerja atau insentif honor," ujar Jokowi menjelaskan Kartu Pra Kerja.
   
Selain itu mantan walikota Solo tersebut juga memberi ucapan selamat kepada umat Hindu yang memperingati Hari Raya Nyepi.
   
Acara yang diselenggarakan oleh Pendukung Jokowi Lampung itu mengundang 15 ribu orang yang terdiri dari beragam profesi seperti petani, nelayan, dan buruh.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu no urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan no urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: Presiden: kenaikan gaji PNS awal April

Baca juga: Jokowi perintahkan selesaikan kelompok sipil bersenjata di Papua

Baca juga: Presiden serahkan sertifikat wakaf kepada warga Lampung

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019