Bupati Serahkan 4.000 Sertifikat Tanah Di Pinogu

Bupati Serahkan 4.000 Sertifikat Tanah Di Pinogu

Bupati Bone Bolango Hamim Pou menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat Pinogu. (Foto Adiwinata)

Gorontalo (ANTARA) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou membagikan 4.000 setifikat tanah bagi warga di Kecamatan Pinogu, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

"Pemberian sertifikat tanah bagi warga merupakan program strategis Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tentu ini menjadi kebahagiaan kita, warga Pinogu akhirnya bisa memiliki hak atas tanahnya lewat sertifikat resmi yang dikeluarkan Badan Pertanahan Nasional (BPN)," ujar Hamim, Senin.

Ia menjelaskan jika kepemilikan tanah adalah bagaimana setiap warga memiliki kepemilikan yang sah atas tanah garapannya lewat sertifikat tanah. Ini tentu memberikan banyak manfaat bagi warga, baik menambah aset, dan kekayaan kepemilikan akan tanah.

"Kedepan pemerintah daerah akan terus mendorong bekerja sama dengan BPN melakukan pendataan dan mengeluarkan sertifikat sebagai salah satu program presiden Jokowi dengan memberikan sertifikat tanah untuk rakyat," terang Hamim.

Sementara itu, Kepala seksi pengaturan tanah BPN Rasmin Iman mengatakan sebanyak 4.000 bidang sertifikat tanah telah selesai dan sudah dibagikan bagi kepada warga.

"Kegiatan ini kerjakan sejak 2017 hingga 2018. Selama ini baru satu bidang yang mempunyai sertifikat tanah di Pinogu, baru sekolah dan sekarang warga Pinogu kini memiliki sertifikat tanahnya sendiri," ujarnya.

Untuk tahun 2019 ini masih ada program dalam rangka pemberian sertifikat bagi masyarakat. Namun akan dikhususkan pada pemberian sertifikat tanah untuk pertanian.***3***
Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019