Kami membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mengajukan bantuan benih maupun bantuan induk ikan berkualitas
Pangkalpinang (ANTARA) - Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP) menawarkan 213,9 juta benih ikan berkualitas kepada pembudi daya ikan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi perikanan air tawar dan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Kami membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mengajukan bantuan benih maupun bantuan induk ikan berkualitas," kata Heriyanto dari Direktorat Perbenihan Ditjen Perikanan Budi daya KKP, di Pangkal Pinang, Babel, Selasa.

Ia mengatakan selain benih ikan unggul, KKP pada 2019 juga akan menyalurkan bantuan 155 .000 indukan ikan untuk membantu petani mengembangkan usaha budi daya ikan lele, patin, nila, mas dan gurami di daerah penghasil bijih timah ini.

"Kesempatan terbuka untuk kabupaten bila ada binaannya yang memerlukan benih ikan dan calon induk, silakan ajukan proposalnya melalui dinas kabupaten, dinas provinsi atau langsung melalui one data KKP," ujarnya.

Menurut dia kualitas benih adalah kunci sukses kegiatan budi daya. Oleh karena itu, UPT Balai Pemuliaan Ikan di bawah KKP menyediakan benih berkualitas untuk masyarakat.

"Masyarakat nantinya dapat juga memasukan proposal bantuan ke UPT terdekat. Sebagai contoh untuk benih lele, nila, mas, patin dan gurame bisa disediakan oleh BPBAT Sungai Gelam Jambi," katanya.

Sekretaris DKP Provinsi Kepulauan Babel, Harun mengimbau dinas perikanan kabupaten dan kota untuk memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh KKP.

"Kami berharap instansi terkait mendata pembenihan rakyat, pokdakan atau LSM yang membutuhkan benih ikan atau induk ikan supaya dapat kita ajukan proposalnya," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019