Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Kepala Subseksi, Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Keimigrasian Kantor Imigrasi Putussibau, Muh Nopiyanto mengatakan jalur pemeriksaan pelintasan orang di perbatasan Indonesia-Malaysia akan tetap buka pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.
 
"Pelintasan dan pemeriksaan orang di perbatasan tetap kita buka seperti hari biasanya, hanya saja untuk petugas nantinya akan berganti ketika hendak menggunakan hak pilihnya," kata Nopiyanto, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.
 
Dikatakan dia, pelintasan orang di perbatasan Indonesia - Malaysia di kecamatan Badau rata-rata untuk keperluan belanja memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik itu warga negara Malaysia mau pun Indonesia.
 
Hanya saja kata, Nopiyanto jumlah pelintasan orang dari Januari - Februari 2019 ini ada penurunan yang mencapai sekitar 1.000 lebih, dimana pada Januari 2019 jumlah pelintasan orang di Pos Lintas Batas Negara mencapai 9.328 orang, sedangkan Februari hanya 8.237 orang.
 
" Memang rata-rata pelintasan itu tujuannya untuk berbelanja baik warga Malaysia mau pun Indonesia," jelas dia.
 
Selain jumlah pelintasan yang menurun, jumlah pembuatan paspor juga mengalami penurunan.
 
Pada Januari 2019 lalu pemohon paspor sebanyak 463 orang termasuk calon jamaah haji dan Februari sebanyak 292 orang.
 
Dia mengatakan pihaknya (imigrasi) terus berupaya dalam memberikan pelayanan terbaik termasuk juga memperketat pengawasan orang asing sesuai bidang masing-masing.
 
"Tentu sudah menjadi komitmen kami dalam meningkatkan pelayanan, terkait pemilu kami juga tetap melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan mendukung penyelenggaraan pemilu yang aman dan damai," kata Nopiyanto.

Baca juga: Polisi Sebatik amankan WN Malaysia masuk ilegal
Baca juga: Empat WNA terjaring razia di Kapuas Hulu
Baca juga: Wujud Nawa Cita, Pos Lintas Batas Entikong Rampung

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019