Perpustakaan Kota Madiun permudah layanan dengan aplikasi "iMadiun"

Perpustakaan Kota Madiun permudah layanan dengan aplikasi

Ilustrasi-Aplikasi perpustakaan digital iPUSNAS (ANTARA News/ Nanien Yuniar)

Madiun (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun, Jawa Timur berupaya untuk mempermudah pelayanan kepada warga daerah setempat dengan aplikasi "iMadiun" yang berbasis digital.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun Ahsan Sri Hasto, di Madiun, Sabtu mengatakan, iMadiun merupakan suatu aplikasi perpustakaan digital yang menyediakan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan membaca masyarakat Kota Madiun.

"Warga Kota Madiun bisa menginstal aplikasinya di ,'Google Play Store' dalam ponsel pintar atau Android. Sehingga mereka bisa mengakses perpustakaan digital itu. Tentunya, setelah melakukan pendaftaran dan diverifikasi oleh admin perpustakaan," ujar Ahsan.

Menurut dia, layanan baru yang diluncurkan akhir tahun 2018 tersebut mulai diminati warga Kota Madiun. Selama bulan Januari 2019, tercatat ada 81 pendaftar baru.

"Sedangkan yang menginstal aplikasinya sudah lebih dari 500 pengunjung. Diharapkan dapat terus bertambah," kata dia.

Selain di Android, iMadiun juga dapat diakses melalui perangkat komputer. Caranya, dengan mengklik "link" yang tersedia dalam situs Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di website madiunkota.go.id.

Saat ini, terdapat 1.588 judul buku yang tersedia di perpustakaan digital iMadiun. Masing-masing judul terdapat dua eksemplar yang dapat diakses masyarakat. Sehingga, total keseluruhan koleksi dalam perpustakaan digital iMadiun telah lebih dari 3.000 eksemplar.

Ke depan, pihaknya terus berupaya mengembangkan koleksi-koleksi yang ada di perpustakaan digital tersebut. Sehingga, bisa semakin memenuhi kebutuhan warga serta meningkatkan minat baca masyarakat. Khususnya, di Kota Madiun. 
Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019