Jakarta (ANTARA) - Calon presiden (Capres) 01, Joko Widodo menyampaikan tiga hal terkait penyelenggaraan pemilu 2019 di hadapan sekitar 1.300 orang peserta Konsolidasi H-30 Pemilu Presiden 2019 di Hotel Borobudur Jakarta, Minggu malam.

Presiden Joko Widodo menjelaskan kepada pers usai pertemuan Konsolidasi H-30 tersebut meliputi, pertama, menyampaikan soal posisi pasangan capres-cawapres 01, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, berdasarkan angka-angka statistik hasil survei dari beberapa lembaga survei kredibel.

"Angka-angka hasil survei itu, jangan sampai membuat kita lengah, tapi harus tetap digunakan untuk evaluasi dan koreksi, sehingga hasilnya menjadi lebih baik. Angka-angka yang saya sampaikan," katanya.

Kedua, Capres Joko Widodo menyampaikan soal banyaknya informasi hoaks dan fitnah. Menurut Joko Widodo, terhadap informasi hoaks, kabar bohong, dan fitnah ini, harus direspons dan dilawan. "Jangan sampai didiamkan. Karena, kalau didiamkan nantinya akan menjadi pembenaran. Dalam waktu 30 hari ke depan, kalau tidak merespons setiap proses informasi hoaks itu dengan cepat, bisa berbahaya," katanya.

Ketiga, Capres Joko Widodo menyampaikan agar kepala daerah dan anggota legislatif juga dapat mendorong sebanyak-banyak pemilih untuk berpartisipasi menggunakan hak pilihnya pada hari pemberian suara, pada pemilu 2019.

"Pemilih harus didorong sebanyak-banyaknya ke TPS (tempat pemungutan suara) untuk menggunakan hak pilihnya. Artinya, partisipasi pemilih harus sebesar-besarnya. Jangan sampai ada satu orang pun golput," katanya.

Menurut Joko Widodo, tiga hal tersebut yang disampaikannya. Joko Widodo juga mengingatkan para kepala daerah serta pimpinan dewan di daerah untuk dapat membantu menyampaikan keberhasilan program pemerintah dari rumah ke rumah masyarakat.

Rapat Konsolidasi H-30 Pemilu Presiden 2019 dihadiri oleh kepala daerah dan wakil kepala daerah serta ketua dan wakil ketua DPRD provinsi maupun kabupaten/kota dari seluruh Indonesia. Mereka adalah dari partai politik pengusung dan pendukung capres-cawapres Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu no urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan no urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno.


Baca juga: Jokowi minta Ma'ruf Amin tenang jalani debat cawapres

Baca juga: Jokowi sempatkan diri hadir di lokasi debat ketiga Pilpres 2019

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019