Manado (ANTARA) - Kodam XIII/Merdeka menggelar Apel Komandan Satuan (Dansat) tersebar pada Kodam tersebut Tahun Anggaran 2019, di Manado, Sulawesi Utara, Senin.
Panglima Kodam XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang, mengatakan, Apel Dansat ini dimaksudkan untuk membangun komunikasi antara pimpinan dengan para komandan satuan.

"Ini guna menyatukan visi dan misi serta pemahaman terhadap pokok-pokok kebijakan pimpinan Kodam XIII/Merdeka," katanya. Kegiatan itu mengangkat "Melalui Apel Dansat Tersebar Kodam XIII Merdeka TA 2019, kita wujudkan profesionalisme dan netralitas TNI untuk menghadapi Pilleg dan Pilpres 2019 dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD".

Ia mengatakan, peserta Apel Dansat harus paham betul dengan berbagai kontijensi yang akan dihadapi, seperti demonstrasi yang akan disaksikan. "Seusai pelaksanaan Apel Dansat ini akan digelar demonstrasi Latihan Tripatra Pengamanan Pemilu agar setiap komandan satuan di jajaran Kodam XIII/Merdeka mengetahui secara utuh apa yang harus diperbuat untuk menghadapi berbagai kontijensi pada pelaksanaan Pilleg dan Pilpres 2019," katanya.

Ia mengatakan, Apel Dansat ini bertujuan meningkatkan soliditas dan solidaritas di antara sesama komandan satuan serta untuk meningkatkan kepemimpinan lapangan yang efektif dan efisien.

Ia berharap bahwa keikutsertaan para perwira dalam kegiatan ini betul-betul bermanfaat bagi satuan yang saudara-saudara pimpin, bermanfaat bagi para perwira sebagai komandan satuan, dan bermanfaat bagi kemajuan satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka.

"Untuk itu, ikuti seluruh rangkaian kegiatan Apel Dansat ini dengan penuh semangat dan kesungguhan, agar dapat memberi nilai tambah dan manfaat bagi pengembangan diri dan kesuksesan para perwira sekalian dalam setiap pelaksanaan tugas di lapangan,"katanya.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019