Nanti Pak Jokowi akan 'mlaku-mlaku nang Tunjungan', tapi sebelumnya diarak menggunakan 1.000 becak dari Tugu Pahlawan
Surabaya (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan kegiatan "mlaku-mlaku nang Tunjungan" (jalan-jalan ke Tunjungan) di Surabaya, pada Sabtu, 23 Maret 2019.

"Nanti Pak Jokowi akan 'mlaku-mlaku nang Tunjungan', tapi sebelumnya ikut pawai arak-arakan 1.000 becak dari Tugu Pahlawan," ujar ketua Komunitas Alumni Perguruan Tinggi Jatim, Ermawan Wibisono, kepada wartawan di Surabaya, Senin malam.

Kehadiran calon presiden petahana tersebut akan disambut ribuan anak-anak muda milenial Surabaya pada kegiatan bertajuk "Tunjungan Colorfull Festival" gelaran Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) Jawa Timur.

Menurut dia, dipusatkannya kegiatan di Jalan Tunjungan karena di sana memiliki historis perjuangan "arek-arek Suroboyo" melawan penjajah sehingga diharapkan mampu memompa kembali semangat anak-anak muda Surabaya sebagaimana para pejuang zaman dulu.

"Kami juga berharap ini menjadi suntikan daya Pak Jokowi dan membangkitkan semangat-semangat nilai kepahlawanan zaman dulu," ucapnya.

Kegiatan tersebut direncanakan dihadiri sekitar 25 ribu peserta yang mayoritas kalangan anak muda milenial dari berbagai komunitas, pelaku UKM, seniman, komunitas guru honorer, pecinta "custom bike", hingga "driver online" milenial.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan, Pompy Zendro S menyampaikan bahwa acara dikemas sebagaimana pasar rakyat, sekaligus menumbuhkan peran pelaku usaha, terutama kalangan UMKM.

Di tempat sama, kata dia, juga akan disampaikan imbauan bagi masyarakat dan anak-anak muda untuk tidak "golput" atau tak memilih di tempat pemungutan suara (TPS).

Tak hanya itu, dijadwalkan sejumlah tokoh nasional, khususnya asal Surabaya, seperti Imam Nahrawi dan Ignasius Jonan juga turut hadir.

Pada hari sama, lanjut dia, Jokowi jadi pembicara kunci seminar berjudul "Revolusi Industri 4.0 Meningkatkan Daya Saing, Menjadi Bangsa Pemenang" bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Pemilihan Presiden 2019 diikuti dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Baca juga: Di Surabaya, kelompok lintas agama deklarasi dukung Jokowi-Ma`ruf

Baca juga: SSC: elektabilitas Jokowi-Ma'ruf tertinggi di Jatim

Baca juga: Jokowi-KH Ma'ruf Amin ditargetkan raih 80 persen di Surabaya

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019