Dengan kegiatan jemput bola ini bagi warga SAD, saat ini kita mencatat persentasi warga SAD belum melakukan perekaman semakin kecil
Jambi (ANTARA) - Lebih dari 30 orang rimba atau warga Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Lubuk Jering, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi mengikuti perekaman KTP elektronik (KTP-el) bersama dengan 50-an warga sekitar lainnya, yang diselenggarakan pemerintah daerah setempat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil KabupatenS arolangun, Helmi, di Jambi, Selasa, mengatakan kegiatan itu sisa dari kegiatan jemput bola untuk mereka yang belum sempat melakukan perekaman KTP-el, beberapa bulan lalu.

"Ya, kegiatan itu kita lakukan pada Sabtu (16/3) lalu dan kita mengundang warga di sekitar itu juga bersama satu kelompok SAD Desa Bukit Suban dan Lubuk Jering dan kegiatan ini kembali tinggal membenahi warga SAD yang belum melakukan perekaman," katanya.

Perekaman KTP-el dilakukan dalam kawasan kompleks perumahan SAD Kampung Madani. Pihaknya mengundang kelompok warga SAD melalui jenangnya atau kepala suku bagi warga SAD.

"Dengan kegiatan jemput bola ini bagi warga SAD, saat ini kita mencatat persentasi warga SAD belum melakukan perekaman semakin kecil," kata Helmi.

Dengan kegiatan itu, ke depan pihaknya juga akan bekerja sama dengan pihak perusahaan di Kecamatan Air Hitam untuk melakukan perekaman bagi masyarakat dan warga SAD setempat.

"Karena ada program Dinas Sosial, jumlah warga SAD belum merekam itu jumlahnya kecil juga, dan ke depan kita juga akan melakukan perekaman bekerja sama dengan perusahaan, juga warga SAD sekitar Bukit Suban dan warga sekitar," kata dia.

Selain melakukan perekaman KTP elektronik, pihaknya juga menyerahkan 1.127 keping KTP elektronik yang sudah dicetak kepada delapan kepala desa di Kecamatan Air Hitam, yang di dalamnya termasuk belasan KTP elektronik warga SAD yang merupakan hasil perekaman beberapa bulan yang lalu.

Selain perekaman, Disdukcapil Sarolangun juga melakukan penyerahan KTP-el untuk masyarakat desa se-Kecamatan Air Hitam melalui kepala desa masing-masin yang di dalamnya ada beberapa KTP warga SAD.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019