Jakarta (ANTARA) - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan apresiasi atas sinergi Bank Indonesia (BI) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah berjuang bersama-sama mewujudkan kondisi ekonomi yang positif di ibukota.

"Pemprov DKI Jakarta juga senantiasa menggunakan data-data dan analisis dari Bank Indonesia untuk pengambilan kebijakan bagi pembangunan ekonomi DKI Jakarta," kata Anies dalam
acara serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta, Senin.

Sertijab dilakukan kepada Hamid Ponco Wibowo, sebagai Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta yang baru menggantikan Trisno Nugroho.

Dijelaskannya termasuk dalam pemetaan atas pemenuhan permintaan dan penawaran kebutuhan pokok dan stabilitas harga (inflasi).

Sementara itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo juga mengapresiasi sinergi dan kerjasama yang telah dibangun selama ini untuk mensukseskan pengembangan ekosistem nontunai di DKI Jakarta.

Diantaranya dalam wujud elektronifikasi pada seluruh transaksi Pemprov DKI, integrasi pembayaran moda transportasi dan juga penyaluran bantuan sosial secara nontunai bekerjasama dengan Bulog, BUMD dan Perbankan.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta akan memasuki babak baru melalui peningkatan status dan fungsi barunya sebagai advisor bagi pemerintah daerah dalam hal pemberdayaan ekonomi dan keuangan syariah.

Perizinan dan pengawasan sistem pemerintahan, elektronifikasi, serta perlindungan konsumen, termasuk kedudukan pimpinan dengan rentang jabatan dan tanggungjawab yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Dengan peningkatan status dan fungsi tersebut, maka diharapkan akan memperkuat value preposition Bank Indonesia kepada pemangku kepentingan secara prima.

Kerjasama yang erat dan koordinasi yang terjalin antara Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mampu menjaga inflasi DKI Jakarta berada pada level yang rendah dan terkendali.

Stabilitas harga menjadi kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya Provinsi DKI Jakarta.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019