Basarnas Jambi siap sukseskan pelaksanaan Pemilu

Basarnas Jambi siap sukseskan pelaksanaan Pemilu

Logo Pemilu 2019 (Foto Antara Sumut/ist)

Jambi (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Jambi siap mendukung dan menyukseskan seluruh rangkaian tahapan Pemilihan umum (Pemilu) serentak 17 April 2019.

Kepala Basarnas Provinsi Jambi, Ibnu Harris Al Husaain di Jambi, Rabu, mengatakan pihaknya siap dan mendukung hingga suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019 dari sisi keahlian mereka dalam melakukan SAR atau membantu atau menolong korban yang jika terjadi bencana atau kejadian pada saat pelaksanaan ataupun sebelum dan sesudah tahapan Pemilu nanti.

"Kami dari Basarnas memang dilibatkan oleh pihak Kepolisian daerah (Polda) Jambi pada kegiatan Pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019 di Provinsi Jambi agar bisa berjalan lancar dan damai, khususnya dari segi keahlian kami dalam melakukan tindakan SAR selama pelaksanaan tahapan pemilu nanti," katanya.

Seluruh personil SAR yang ada dimiliki Basarnas Jambi baiik di kabupaten dan kota akan dilibatkan langsung jika ada permintaan dari kepolisian bila terjadi sesuatu yang memang memerlukan keahlian tim Basarnas nantinya.

Untuk wilayah Provinsi Jambi yang memang sebagian besar dilalui oleh perairan atau alur Sungai Batanghari, memang dianggap rawan terjadi bencana atau kecelakaan, maka dari itu Basarnas siap membantu para korbannya selama tahapan pelaksanaan Pemilu serentak nanti.

"Kami ada 45 orang tim rescue dan seluruh peralatannya yang disebar pada beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Jambi, sudah siap untuk melaksanakan tugas sesuai dengan keahliannya selama pelaksanaan Pemilu nanti, seperti menolong korban bila terjadi bencana atau kejadian yang menelan korban jiwa," kata Ibnu Harris Al Hussain.

Dia juga menambahkan, tugas kami anggota Basarnas dalam kegiatan pengamanan Pemilu nanti adalah melakukan pertolongan kepada korban jika terjadi bencana atau kejadian dengan lebih dahulu berkoordinasi sama pihak Kepolisian sebagai pelaksana utama di lapangan.

Data Basarnas Jambi mencatat sejak Januari hingga Maret 2019, ada sebanyak 21 kali kejadian atau operasi SAR yang dilakukan yang didominasi oleh kecelakaan atau kejadian kondisi membahayakan manusia yaitu di sungai, hal ini sesuai dengan kondisi kewilayahan Provinsi Jambi sebagian besar dilalui alur perairan yakni Sungai Batanghari.

"Maka pada Pemilu nanti, Basarnas Jambi siap membantu pihak kepolisian dalam menyukseskan Pemilu serentak nanti," kata Kepala Basarnas Jambi, Ibnu Harris Al Hussain.
Pewarta : Nanang Mairiadi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019