Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengajak para investor bekerja sama dengan pemerintah untuk meningkatkan kompetensi para pekerja.

"Saya ajak industriawan yang hadir pada hari ini bekerja sama dengan BPSDM
(Badan Pengembangan SDM Kementerian ESDM) dalam hal peningkatan kompetensi," katanya di Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut Arcandra menjelaskan bahwa sertifikasi yang dilakukan oleh
BPSDM Kementerian ESDM bersifat nasional, dapat digunakan di seluruh Indonesia.

"Sertifikasi bisa digunakan di seluruh Indonesia. Tujuan kita adalah meningkatkan kompetensi orang-orang yang certified di bidang keselamatan ketenagalistrikan dan EBTKE," imbuhnya.

"Nanti orang-orang yang kita sertifikasi mudah-mudahan punya jam terbang, punya kompetensi, sehingga IPP (produsen listrik swasta) juga merasa nyaman, bahwa orang-orang yang sudah disertifikasi ini benar-benar punya kompetensi," katanya.

Kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di subsektor ketenagalistrikan dan manajemen energi saat ini meningkat, seiring dengan perkembangan industri di kedua subsektor ini.

Untuk membantu percepatan pengembangan kompetensi SDM tersebut, BPSDM ESDM telah menyediakan pelatihan kompetensi serta uji sertifikasi kompetensi dan profesi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BPSDM ESDM dan Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) PPSDM KEBTKE ESDM.

Selain memperkenalkan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan dan EBTKE (PPSDM KEBTKE), kegiatam ini juga bertujuan agar para IPP dapat melatih dan menyertifikasi tenaga teknik yang terlibat dalam usaha penyediaan listrik sesuai standar kompetensi di PPSDM KEBTKE.

Di samping itu, IPP juga diharapkan melatih dan menyertifikasi auditor dan manajer energi dalam kerangka manajemen energi melalui PPSDM KEBTKE.

Pada kesempatan ini Wakil Menteri ESDM juga menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan dan EBTKE (PPSDM KEBTKE) dengan lembaga pendidikan.

Selain itu dilakukan pula penyerahan Sertifikat Akreditasi Lembaga Diklat Sektor ESDM oleh Ketua Komite Akreditasi Penyelenggara Lembaga Diklat Sektor ESDM IGN Wiratmaja Puja, kepada Kepala PPSDM KEBTKE, Kepala PPSDM Migas, Kepala PPSDM Geominerba, Kepala PPSDM Aparatur, Kepala Garda Power Mandiri, Kepala PLN Pusdiklat, serta Kepala Unit Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Semarang.

Baca juga: Transparansi bisa gairahkan bisnis pertambangan berkeadilan
 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019