PLN Sulselrabar pastikan pasokan listrik pada Ramadhan Aman

PLN Sulselrabar pastikan pasokan listrik pada Ramadhan Aman

GM PLN UIW Sulselrabar Bambang Yusuf di sela peninjauan kondisi kelistrikan di Kabupaten Pinrang, Sulsel, Jumat (29/3/2019). ANTARA Foto/HO/Humas PLN Sulselrabar

Pinrang (ANTARA) - General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Sulselrabar) Bambang Yusuf memastikan pasokan listrik pada Ramadhan Mei 2019 aman dan tidak akan ada pemadaman bergilir.

"Kondisi kelistrikan aman, pasokan berlebih saat ini sehingga kita optimistis tidak akan ada pemadaman bergilir selama Ramadhan," kata Bambang Yusuf pada Press Tour 2019 di Kabupaten Pinrang, Jumat.

Menurut dia, padam bisa saja terjadi karena gangguan alam atau gangguan pada peralatan listrik, sebab untuk kasus ini gangguan alam tidak bisa dieliminasi 100 persen. Gangguan alam seperti banjir serta gempa bisa berakibat pada jaringan PLN yang terbentang di alam bebas di antara hutan, sungai dan pinggir jalan.

"Kalaupun terjadi, kami sudah siap dengan menyiapkan dari awal personel perpiketan 24 jam, posko terbuka, APKT terbuka sehingga tidak ada alasan untuk tidak cepat melakukan perbaikan untuk penanganan gangguan," katanya.

Terkait dengan visi utama PLN untuk melistriki desa hingga ke pelosok memang menjadi amanah dan tugas mulia yang diemban oleh PLN. Karena itu, program pembangunan listrik desa (Lisa) telah mencapai target dengan rasio elektrifikasi 100 persen di Sulsel.

Hingga Februari 2019, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar telah melistriki 44 desa di Sulawesi Selatan.

"Kita juga optimistis seluruh dusun di wilayah kerja PLN Sulselrabar akan terlistriki di tahun 2019," ujarnya.

Pasalnya, dengan masuknya listrik desa bisa berdampak positif dan potensi ekonomi dapat berkembang karena listrik bukan hanya penerangan semata namun juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Pewarta : Suriani Mappong
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019