Jakarta (ANTARA) - Kota Padang, Sumatera Barat pada Minggu, 31 Maret, akan menjadi tuan rumah seri pembuka ajang sepeda santai bertajuk Gowes Nusantara 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Deputi III bidang pembudayaan olahraga Kemenpora Raden Isnanta di Jakarta, Jumat, mengungkapkan bahwa program yang bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam olahraga serta memasyarakatkan olahraga itu akan dilaksanakan di 50 titik kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia.

Puncak kegiatan Gowes Nusantara 2019 menurut rencana akan digelar pada September, bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada 9 September.

Gowes Nusantara kali ini mengusung tema "Kita Semua Bersaudara" yang juga menjadi tema Haornas tahun ini.

"Dengan maksud supaya kita ini meskipun berbeda golongan, kelompok, agama, ras, suku tapi tetap kita bersaudara," kata Isnanta.

Kemenpora bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk menggelar Gowes Nusantara tahun ini.

"Hal itu sejalan dengan visi dari BKKBN yaitu mengampanyekan hidup sehat di keluarga," kata Isnanta

Kemudian seperti tahun-tahun sebelumnya, ajang Jelajah Sepeda Nusantara akan dihadirkan kembali sebagai rangkaian kegiatan Gowes Nusantara.

Kali ini rombongan yang terdiri dari 15 pesepeda akan menyusuri jalanan Indonesia sejauh kurang lebih 3.000 km dimulai dari ujung timur Indonesia, Merauke, kemudian Jayapura, Papua Barat, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur dan akan finis di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Gowes Nusantara bertransformasi jadi Sepeda Nusantara 2018
Baca juga: Gowes Nusantara 2017 dimulai dari Sabang

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019